Kurikulum terintegrasi P4GN merupakan kurikulum yang memuat materi terkait dengan penyalahgunaan narkoba. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengintegrasian kurikulum P4GN, Pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pada kurikulum terintegrasi P4GN dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum terintegrasi P4GN merupakan kurikulum yang disisipkan atau diintegrasikan kedalam pembelajaran PPKn dan kurikulum P4GN bukanlah kurikulum yang berdiri sendiri. Implementasi kurikulum P4GN dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dilakukan dengan mengintegrasikan pembelajaran PPKn dengan memberi tambahan materi tentang penyalahgunaan narkoba kedalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum terintegrasi P4GN dengan menerapkan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diintegrasikan dalam penerapan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum terintegrasi P4GN terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan dengan cara mengamati peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara memberikan tugas, soal – soal ulangan harian, tanya jawab atau diskusi yang dilakukan oleh peserta didik. Serta penilaian keterampilan berupa penilaian portofolio, kliping atau produk yang berkaitan dengan materi P4GN.
Kata Kunci: Kurikulum Terintegrasi P4GN, Narkoba dan Impelemntasi Pembelajaran PPKn.
P4GN integrated curriculum is a curriculum which is load about drugs abuse materials. The purpose of this research is to describe about the P4GN integrating curriculum, the learning implementation and the assessment of PPKn in the SMP Negeri 3 Candi, Sidoarjo. This research is using a descriptive-qualitative approach. The ways to collect the data is by observation, deep interview, and documentation.
The result of the research showed that P4GN integrated curriculum is a curriculum which is inserted into synchronous materials on PPKn. P4GN integrated curriculum is not a independent curriculum. The P4GN curriculum implementation at SMP Negeri 3 Candi is done by integrating the curriculum into the Pancasila and Civic Education. The way to integrate the curriculum is by giving additional materials about drugs abuse into the learning process.
The P4GN curriculum implementation is according to the lesson plan which had been integrated into three domains of educational activities or learning: affective, cognitive, and psychomotor. The lesson plan of P4GN integrated curriculum consist of pre-activity, while activity (core), and clossing activity. For the spiritual and social assessment is done by observating the students while the learning process is ongoing. Knowledge assessment is by giving assignments, doing a test, questioning or discussion which are done by themselves. An the psychomotor (manual/physycal skills) assessment done by portfolio assessment, making a scrapbook or another product which is related on P4GN materials.
Keywords: P4GN integrated curriculum, Drugs and The implementation of Pancasila and Civic Education Learnin.