KEEFEKTIFAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS SISWA
EFFECTIVENESS OF ASSERTIVE TRAINING TECHNIQUES TO REDUCE STUDENT’S CONFORMITY BEHAVIOR
Konformitas merupakan salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa di sekolah, terutama siswa di usia remaja. Hal ini dikarenakan siswa lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman sebayanya, yang menjadikan siswa mengubah perilakunya agar sesuai dengan kelompok untuk mendapatkan pengakuan. Untuk mengurangi perilaku konformitas, siswa dapat meningkatkan perilaku asertif menggunakan teknik latihan asertif dengan bantuan dari Guru Bimbingan dan Konseling sebagai solusi dari masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu, mengkaji literatur mengenai keefektifan teknik latihan asertif untuk mengurangi perilaku konformitas siswa. Metode penelitian ini yaitu metode studi kepustakaan dengan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dan teknik analisis isi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini yaitu terbentuknya artikel ilmiah mengenai keefektifan teknik latihan asertif sebagai upaya untuk mengurangi perilaku konformitas siswa yang merujuk dari 15 artikel nasional dan internasional, yaitu: 1) Bentuk perilaku konformitas yang cenderung ditunjukkan oleh siswa yaitu membolos, mengikuti pendapat teman ketika proses pembelajaran, dan lain-lain; 2) Teknik latihan asertif merupakan terapi yang efektif untuk mengurangi perilaku konformitas siswa; 3) Ruang lingkup dan sasaran teknik latihan asertif adalah siswa sekolah menengah dengan perilaku konformitas yang tinggi; 4) Rekomendasi yang diberikan pada setiap artikel merupakan saran yang membangun bagi guru Bimbingan dan Konseling. Rekomendasi dari penelitian ini bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan lebih mempersiapkan literatur dan lebih teliti dalam menganalisis, serta dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan.
Kata Kunci: Konformitas, Teknik Latihan Asertif, Keefektifan.
Conformity is one of the common problems that usually faced by students in schools, especially teenager students. This is because students spend more time with their fellow friends, which makes students change their behavior to follow their circle to get a recognition. To decrease conformity behavior, students can increase assertive behavior by using assertive training techniques with the help of the Guidance and Counseling Teacher as a solution to solve the problems. The purpose of this study is to examine the literature on the effectiveness of assertive training techniques to decrease student conformity behavior. This research method is library research method with documentation technique as data collection technique, and content analysis technique as data analysis technique. The results of this study are the formation of scientific articles regarding the effectiveness of assertive training techniques as an effort to decrease the conformity behavior of students, referring to 15 national and international articles, namely: 1) Forms of conformity behavior that students tend to show are truancy, following the opinions of friends during the learning process, and others; 2)Assertive training techniques are effective therapies to minimize student conformity behavior; 3) Scope and objectives assertive training techniques are high school students with high conformity behavior; 4) Each article’s recommendations are constructive suggestions for Guidance and Counseling teachers. Recommendations from this study for future researchers are expected to prepare more literature and be more through in analyzing, and can make this research a reference material.
Keywords: Conformity, Assertive Training Techniques, Effectiveness.