Pendidikan di Sekolah Dasar merupakan langkah pertama bagi siswa untuk mempelajari pengetahuan-pengetahuan awal. Salah satunya yaitu mata pelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian yang merupakan materi dasar dan harus diajarkan kepada siswa sekolah dasar. Karena pentingnya materi ini, siswa harus sudah menguasai materi ini sebelum mempelajari materi-materi matematika selanjutnya yang lebih kompleks. Berdasarkan masalah yang peneliti temukan bahwa siswa sekolah dasar di kelas lanjut mengalami masalah dalam menguasai perkalian dan pembagian dasar. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti ingin membuat sebuah media belajar berbasis android yang bertujuan untuk memudahkan siswa belajar dan lebih pintar dalam menguasai perkalian sekaligus dengan pembagian 1-10.
Pada proses penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model peneitian dari Borg and Gall yang sudah peneliti modifikasi menjadi 7 tahapan penelitian. Tahapan tersebut yaitu Reseacrh and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Operational Field Testing dan Final Product Revision. Penentuan tingkat kelayakan media PIKABI menggunakan validasi uji kelayakan dari ahli materi, uji kelayakan media dari ahli media dan angket dari sampel penelitian. Sampel uji coba penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar kelas II, III, IV dan V, dengan total keseluruhan berjumlah 20 siswa.
Kemudian ditunjukkan hasil penelitian dari validasi uji kelayakan materi sebesar 81% (sangat layak), dari uji validasi kelayakan media sebesar 85% (sangat layak), kemudian dari uji coba terbatas sebanyak 85 % (sangat layak) dan dari uji coba lapangan sebanyak 87% (sangat layak). Hal ini menunjukkan bahwa media PIKABI berbasis android dapat memiliki tingkat kelayakan sangat layak. Diharapkan siswa dapat dengan mudah menggunakan media PIKABI ini sesuai dengan kebutuhannya.
Kata kunci: Pengembangan, Media PIKABI, Android, Perkalian dan Pembagian.
Primary school education was the first step for students to learn initial knowledge. One of them is Mathematics subject matter of multiplication and division which was basic material and must be taught to elementary school students. Because of the importance of this material, students must have mastered this material before learning more complex mathematical material. Based on the problem that the researchers found that elementary school students in the advanced classes had problems in mastering basic multiplication and division. Based on these statements, researchers want to create an Android-based learning media that aims to facilitate students to learn and be smarter in mastering multiplication at once by dividing 1-10.
In this development research process the researcher used a research model from Borg and Gall which the researchers modified into 7 stages of research. The stages are Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Operational Field Testing and Final Product Revision. Determination of the level of media feasibility of PIKABI using the validity of the feasibility test from the material expert, media feasibility testing from media experts and questionnaires from the research subjects. The subjects of this study were elementary school students in class II, III, IV, and V, with a total of 20 students.
Then the results of the study showed that the validity of the material feasibility test was 81% (very feasible), from the validity test of the media feasibility of 85% (very feasible), then from the trial limited to 85% (very feasible) and from the field trials of 87% (very decent). This showed that the Android-based PIKABI media can have a very good in feasibility level. It is expected that students can easily use this PIKABI media according to their needs.
Keywords: Development, PIKABI Media, Android, Multiplication and Distribution.