pengembangan media liputan berbasis looseparts untuk mengenalkan lambang bilangan anak usia 4 sampai 5 tahun
development of looseparts based coverage media to introduce number symbols for 4-5 years old children
Media merupakan sarana yang sangat penting digunakan untuk proses belajar mengajar Loose parts merupakan benda yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita,mudah untuk dipindahkan dibawa digabungkan dirancang ulang dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara Anak usia 4 sampai 5 tahun seharusnya anak usia tersebut sudah mampu mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 tetapi berdasarkan hasil observasi masih banyak anak usia 4 sampai 5 yang belum mampu mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lingkaran putar angka (LIPUTAN) berbasis Loose parts yang valid dan efektif dalam mengenalkan lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak usia 4 sampai 5 tahun Metode yang digunakan artikel ini adalah Research and Development dengan desain 4D Define Design Development Dissemination.Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan observasi Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan dan uji keefektifan media. Kevalidan media memenuhi kategori Layak berdasarkan skor ahli materi 87,5% dan skor ahli media 83,3%. Berdasarkan uji efektivitas dengan diperoleh rata-rata 90%. Keefektifan media memenuhi kriteria sangat Efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pengembangan media liputan berbasis looseparts dapat menstimulasi kemampuan mengenalkan lambang bilangan1 sampai 10 pada anak usia 4-5 tahun. Respon anak sangat antusias dan senang dalam menggunakan media liputan berbasis looseparts anak juga lebih aktif saat bermain media liputan dan dinyatakan valid dan efektif dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi anak usia dini dalam memperkenalkan lambang bilangan.Kata Kunci : Media Loose parts Lambang bilangan.
Media is a very important tool used for the teaching and learning process. Looseparts are objects that can be found in the environment around us, easy to move, carry, combine, redesign, separate, and put back together in various ways.Children aged 4-5 years should be able to recognize symbols of numbers 1-10, but based on observations, there are still many children aged 4-5 who have not been able to recognize symbols of numbers 1-10. This study aims to produce a Loose parts-based circular circle media (LIPUTAN) which is valid and effective in introducing the symbols of numbers 1-10 to children aged 4-5 years. The method used in this article is Research and Development with a 4-D designDefine, Design, Development, Dissemination). Data was collected by means of questionnaires, and observations. The data analysis technique used validity test and media effectiveness test. The validity of the media meets the “Eligible” category based on a material expert score of 87.5% and a media expert score of 83.3%. based on the effectiveness test with an average of 90% obtained. The effectiveness of the media meets the criteria of “Effective”.Based on the results of the study, it was concluded that the development of looseparts-based media coverage can stimulate the ability to introduce the symbols of numbers 1-10 in children aged 4-5 years. The children's response was very enthusiastic and happy in using looseparts-based media coverage. Children were also more active when playing media coverage and were declared valid and effective as a learning tool for early childhood children in introducing number symbols.Keywords:Media,LooseParts,NumberSymbol