Azizah, Nur. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD pada Topik Pecahan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M. Pd., dan (II) Dr. Wiryanto, M. Si.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kualitas perangkat pembelajaran berbasis masalah (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD pada topik pecahan. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan (R&D) Thiagarajan yang dikenal dengan 4D (define, design, develop, & disseminate) yang diujicobakan di kelas V SDN Sukomanunggal I/105 Surabaya tahun 2018/2019 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis masalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD pada topik pecahan. Valid dilihat dari penilaian kedua validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Praktis dilihat dari penilaian pegamat terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa. Efektif dapat dilihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang mengalami peningkatan dari hasil pretest dan posttest serta dilihat dari respon positif siswa. Skor N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah mempunyai kualitas yang baik (valid, praktis, dan efektif) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD pada topik pecahan, sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas V sekolah dasar dan disesuaikan dengan kondisi dan situasi di sekolah.
ABSTRACT
Azizah, Nur. 2019. Development of Problem-Based Learning Devices to Improve Elementary School Students Ability on Problem Solving in Fraction Topics. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate of Surabaya State University. Advisor: (1) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M. Pd., dan (II) Dr. Wiryanto, M. Si.
Keywords: Problem Based-Learning, Problem Solving Ability, Elementary School
This study aims to develop and test the quality of problem-based learning tools (validity, practicality and effectiveness) to improve the problem solving abilities of elementary students on the topic of fractions. This study adapted Thiagarajan's research and development (R & D) model known as 4D (define, design, develop, & disseminate) which was tested in class V of Sukomanunggal Elementary School I / 105 Surabaya in 2018/2019 with One-Group Pretest-Posttest Design. The data analysis technique used uses qualitative and quantitative descriptive analysis techniques.
The results of the study show that the problem-based learning tools are valid, practical and effective to improve the problem solving abilities of elementary students on the topic of fractions. Valid seen from the assessment of the two validators stating that the learning device is valid and can be used with a slight revision. Practically seen from the past assessment of the teacher's ability to manage student learning and activities. Effective can be seen from the results of the problem solving ability test which has increased from the results of the pretest and posttest and seen from the positive response of students. The N-Gain score shows an increase in students' problem solving abilities.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of problem-based learning devices has good quality (valid, practical, and effective) to improve elementary students' problem solving skills on fraction topics, so that problem-based learning tools are recommended to be applied in mathematics learning in class V elementary school and adapted to the conditions and situations in the school.