PENGKAJIAN EFEKTIVITAS PjBL-STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KREATIVITAS SISWA
A COMPARATIVE STUDY : EFFECTIVENESS OF PjBL-STEM IN IMPROVING STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY, CONCEPTUAL UNDERSTANDING AND CREATIVITY
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua penelitian yang berfokus pada penggunaan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) yang terintegrasi dengan STEM terhadap berbagai keterampilan, yaitu kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif, yaitu dengan metode analisis konten dan mengumpulkan data melalui studi literatur, yang dilakukan oleh peneliti menggunakan Google Scholar dan Publish or Perish dengan kata kunci pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan STEM. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan dari kedua penelitian tersebut yaitu keberhasilan penggunaan PjBL dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan beberapa keterampilan-keterampilan sains, sedangkan perbedaan terletak pada tujuan penelitian, subjek, metode, dan instrumen pengumpulan data tersebut menunjukkan variasi dalam fokus dan hasil yang diharapkan dari kedua penelitian tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi dengan STEM memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan sains siswa. PjBL-STEM berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Ini menunjukkan bahwa PjBL dengan pendekatan STEM adalah pendekatan pembelajaran yang komprehensif dan efektif untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di dunia nyata, baik dalam hal pemecahan masalah kritis, memahami konsep-konsep sains maupun pengembangan ide-ide kreatif
Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, Keterampilan sains
This study aimed to compare two research studies focusing on the use of Project-Based Learning (PjBL) integrated with STEM in enhancing various skills, specifically critical thinking, conceptual understanding, and creativity of students. The research methodology employed is qualitative, utilizing content analysis and data collection through literature review. The researchers gathered data using Google Scholar and Publish or Perish with keywords related to Project-Based Learning (PjBL) with STEM. The findings indicate similarities between the two studies, particularly in the successful application of PjBL with a STEM approach in improving several scientific skills. However, differences lie in the research objectives, subjects, methods, and data collection instruments, showing variations in the focus and expected outcomes of the two studies. The conclusion of this study is that the Project-Based Learning model integrated with STEM significantly benefits in enhancing students' scientific skills. PjBL-STEM effectively improves students' critical thinking skills, conceptual understanding, and creativity. This demonstrates that PjBL with a STEM approach is a comprehensive and effective learning strategy for preparing students to face real-world challenges, including critical problem-solving, understanding scientific concepts, and developing creative ideas.
Keywords: Project-Based Learning, STEM, Scientific skills