ABSTRAK
PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN WALI BAROKAH LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) BURENGAN BANJARAN KEDIRI
TAHUN 2010-2016
Nama : Nanda Arofiah
Nim : 15040284007
Program Studi : Pendidikan Sejarah
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Sumarno, M.Hum
Pada awalnya, lembaga pondok pesantren tidak dapat dikatakan sebagai lembaga pendidikan sekolah atau madrasah seperti yang ada sekarang. Berdirinya sebuah pondok pesantren tidak dapat dipisahkan dari keadaan sosial budaya masyarakat sekitarnya. Berdirinya pondok pesantren di Indonesia sering memiliki latar belakang yang sama, dimulai dengan usaha seorang atau beberapa orang secara pribadi atau kolektif, yang berkeinginan mengajarkan ilmu pengetahuan agama kepada masyarakat luas.
Terkait dengan hal tersebut peneliti mengangkat dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana latar belakang berdirinya pondok pesantren Wali Barokah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Burengan Banjaran Kediri Tahun 2010-2016? 2. Bagaimana perkembangan pondok pesantren Wali Barokah sebagai lembaga pendidikan Tahun 2010-2016? 3. Apa dampak keberadaan pondok pesantren Wali Barokah dalam bidang sosial, agama, dan pendidikan bagi masyarakat Burengan, Banjaran dan sekitarnya?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelusuran pustaka dan wawancara. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penelitian sejarah yaitu: 1. Tahapan mencari dan menemukan sumber-sumber (Heuristik), 2. Langkah yang lebih lanjut setelah sumber-sumber sejarah telah terkumpul (Kritik sejarah), 3. Proses penyusunan fakta-fakta secara kronologi (Interpretasi), 4. Tahap akhir untuk menyajikan semua fakta (Historiografi).
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui pondok pesantren Wali Barokah dalam sejarahnya telah mengalami perkembangan baik secara fisik maupun non fisik. Secara fisik baik dari bangunan pondok, sarana dan prasarana, fasilitas pondok. Secara non fisik baik dari sistem pendidikan dan kurikulum. Hal ini diharapakan para santri dapat mempunyai sikap mandiri, berakhlakul karimah, alim, faqih. Tercapainya visi dan misi pondok pesantren Wali Barokah yang internasional. Dalam perkembangannya, kejayaan pondok pesantren Wali Barokah dikaitkan dengan kharisma kepemimpinan kyainya sebagai para pendidik/ guru serta adanya dukungan-dukungan besar dari pemerintah dan masyarakat.
Dampak keberadaan pondok pesantren Wali Barokah dalam bidang sosial, agama, dan pendidikan menimbulkan dampak yang baik bagi masyarakat Burengan, Banjaran dan sekitarnya. Dalam bidang sosial terjadi hubungan sosial yang baik dengan masyarakat. Dalam bidang agama yaitu terciptanya sikap toleransi dan menerima agama yang berbeda- beda. Dalam bidang pendidikan, masyarakat yang belum mengenal pendidikan menjadi mengenal pendidikan terutama pendidikan agama. Hal ini dilatar belakangi masyarakat perkotaan yang dikenal dengan sifat heterogen yang artinya terdiri dari banyak penduduk dan dalam kehidupan agamanya masyarakat kota itu kurang, cenderung kearah keduniaan saja. Maka dari itulah adanya sebuah pondok pesantren yang hadir ditengah- tengah kota ini, tentu menimbulkan dampak yang baik. Masyarakat yang belum mengenal pendidikan agama menjadi mengenal tentang ilmu agama Al Qur’an dan Al Hadits.
Kata Kunci : Perkembangan, Pondok Pesantren, Wali Barokah.
ABSTRACT
WALI BAROKAH DEVELOPMENT OF BOARDING’S INDONESIA INSTITUTE OF ISLAMIC DA’WAH (LDII) BURENGAN BANJARAN KEDIRI YEAR 2010-2016
Name : Nanda Arofiah
NIM : 15040284007
Study Program : S1. History Education
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Institution : State University of Surabaya
Preceptor : Drs. Sumarno, M.Hum
At first, the boarding school institution could not be said to be a school or madrasah educational institution as it is today. The establishment of an Islamic boarding school cannot be separated from the socio-cultural conditions of the surrounding community. And the establishment of Islamic boarding schools in Indonesia often has the same background, starting with the efforts of one or several people personally or collectively, who wish to teach religious knowledge to the wider community.
Related to this, the researcher raised the following problem statement: 1. What was the background of the establishment of the Wali Barokah Islamic Boarding School for the Indonesian Islamic Da'wah (LDII) Burengan Banjaran Kediri in 2010-2016? 2. How is the development of the Wali Barokah Islamic boarding school as an educational institution for 2010-2016? 3. What is the importance of the Wali Barokah Islamic boarding school in the fields of social, religion and education for the people of Burengan, Banjaran and its surroundings? The method used in this study is the method of library search and interviews. The following activities are carried out in historical research, namely: 1. Stages of finding and finding sources (Heuristics), 2. Steps that are further after the historical sources collected (historical criticism), 3. The process of finding facts through chronology ( Interpretation), 4. The final step is to present all facts (historiography).
Based on this research, it can be seen that the Wali Barokah Islamic boarding school in its history has experienced development both physically and non-physically. Physically both from the cottage building, facilities and infrastructure, cottage facilities. Non-physically from the education system and curriculum. This is expected that the santri can have an independent attitude, berakhlakul karimah, alim, faqih. And the achievement of the vision and mission of the international Wali Barokah Islamic boarding school. In its development, the glory of the Wali Barokah Islamic boarding school requires the charisma of its leadership as educators / teachers as well as the great support from the government and society.
Wali Barokah Islamic boarding schools in the social, religious and educational fields have a good influence on the people of Burengan, Banjaran and its surroundings. In the social field there is good social relations with the community. In the field of religion the creation of different attitudes and accepting different religions. In the field of education, people who are not familiar with education are known for their education. This is based on the background of urban society known as heterogeneous nature which means it consists of many residents. And in his religious life the city community is lacking, often towards the world. So from the impression of the existence of Islamic boarding schools that are present in the middle of this city, of course it gives a good impression. People who do not know religious education Know about the religion of the Qur'an and Al Hadith.
Keywords : Development, Boarding School, Wali Barokah