MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI
INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION OF STUDENTS IN PARTICIPATING IN EXTRACURRICULAR VOLLYBAll
Pendidikan fisik adalah bagian penting dari pendidikan secara keseluruhan, dan melibatkan melakukan aktivitas fisik untuk mencapai tujuan. Program pendidikan jasmani yang dirancang secara sistematis dan terarah dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan kondisi fisik. Setiap orang membutuhkan motivasi untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan mereka. Sikap dipengaruhi oleh motivasi, yang dianggap relatif stabil. Oleh karena itu, motivasi terbagi menjadi dua jenis: intrinsik dan ekstrinsik. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1. Menemukan alasan yang paling dominan yang mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri Mojoagung; 2. Mengidentifikasi motivasi yang berbeda untuk siswa laki-laki dan perempuan; dan 3. Menentukan sasaran siswa yang berpartisipasi dalam ekstrakurikuler bolavoli. Kami memiliki 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah jenis penelitian survei yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode sampel dan bertujuan untuk mempelajari perilaku, karakteristik, dan generalisasi populasi yang besar. Penelitian ini menggunakan desain komparatif. Lokasi penelitian adalahsSMKiNegerikMojoagung di iJl. RayakVeteranino.966, Miagan, KecamatanhMojoagung. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa motivasi intrinsik lebih dominan daripada ekstrinsik. Nilai rata-rata untuk motivasi intrinsik adalah 2,9128, dengan standar deviasi 0,3572, sedangkan nilai rata-rata untuk motivasi ekstrinsik adalah 2,6578, dengan standar deviasi 0,30612. Tidak ada perbedaan dalam motivasi intrinsik antara siswa laki-laki dan perempuan, dengan hasil t 1,431 dan nilai Sig 0,486 di atas 0,05. Selain itu, tidak ada perbedaan dalam motivasi ekstrinsik antara siswa laki-laki dan perempuan, dengan hasil t 1,007 dan nilai Sig 0,796 di atas 0,05.
Kata kunci : Ekstrakurikuler, Bolavoli, Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik
Physical education is an important part of overall education, and it involves engaging in physical activity to achieve goals. Physical education programs that are designed systematically and directed can have an impact on the growth and development of physical conditions. Everyone needs motivation to do something to achieve their goals. Attitudes are influenced by motivation, which is considered relatively stable. Therefore, motivation is divided into two types: intrinsic and extrinsic. The objectives of the research are as follows: 1. To find the most dominant reasons that encourage students to participate in football extracurricular activities at SMK Negeri Mojoagung; 2. Identify different motivations for male and female students; and 3. Determine the goals of students who participate in football extracurriculars. We have 18 male students and 12 female students. This research is a type of survey research that uses a quantitative approach. This study uses a sample method and aims to study the behavior, characteristics, and generalizations of large populations. This study uses a comparative design. The location of the research iskSMKlNegerikMojoagung onkJl. RayakVeterai no.966,kMiagan,kMojoagung District.iThetresultslofkthe regression test showed that intrinsic motivation was more dominant than extrinsic. The average value for intrinsic motivation was 2.9128, with a standard deviation of 0.3572, while the average value for extrinsic motivation was 2.6578, with a standard deviation of 0.30612. There was no difference in intrinsic motivation between male and female students, with a t-result of 1.431 and a Sig value of 0.486 above 0.05. In addition, there was no difference in extrinsic motivation between male and female students, with a t result of 1.007 and a Sig value of 0.796 above 0.05.
Keywords: Extracurricular, Intrinsic and Extrinsic Motivation, Vollyball