EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN TERAPAN DALAM BIDANG TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI (PRODISTIK) DI MAN SIDOARJO
EVALUATION OF APPLIED EDUCATION PROGRAM IN TECHNOLOGY AND COMMUNICATIONS (PRODISTICS) IN MAN SIDOARJO
Evaluasi program merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu program. Prodistik merupakan suatu program pendidikan terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangatlah penting sebagai dasar pengembangan siswa dalam memperluas pengetahuan TIK. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi evaluasi prodistik di MAN Sidoarjo dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Adapun pendekatan yang digunakan dalam evaluasi ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam evaluasi ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi prodistik di MAN Sidoarjo menunjukkan 1)Evaluasi konteks prodistik dilatarbelakangi oleh minimnya penguasaan siswa dalam bidang IT, 2) Evaluasi input prodistik mengenai Sumber daya prodistik merupakan guru yang telah memiliki sertifikat mengajar dari prodistik, 3)Evaluasi proses prodistik menunjukkan kesesuaian rencana dengan pelaksanaan prodistik, 4) Evaluasi produk prodistik MAN Sidoarjo mengenaihasil nilai prodistik diketahui dari sertifikat prodistik siswa yang dinyatakan lulus dengan lampiran nilai yang memuaskan, dan 5) Evaluasi dampak prodistik menunjukkan adanya kemanfaatan prodistik dalam pendidikan lanjutan dan kemanfaatan prodistik dalam dunia kerja.
Program evaluation is a series of activities carried out intentionally to determine the level of success of a program. Prodistik is an applied education program in information and communication technology (ICT) which is very important as a basis for student development in expanding ICT knowledge. The purpose of this study was to evaluate the effectiveness of prodistics in MAN Sidoarjo using the CIPPO evaluation model. The approach used in this research is qualitative. The data analysis technique used in this study is a qualitative descriptive technique. The results of the prodistic evaluation at MAN Sidoarjo show 1) The evaluation of the prodistic context is motivated by the lack of student mastery in the IT field, 2) Evaluation of prodistic input regarding prodistic resources is a teacher who has a teaching certificate from prodistic, 3) Evaluation of the prodistic process shows the suitability of the plan with the implementation prodistics, 4) Evaluation of prodistic products of MAN Sidoarjo regarding the results of prodistic scores is known from the prodistic certificates of students who have passed with satisfactory scores attached, and 5) Evaluation of prodistic impacts shows the benefits of prodistics in further education and prodistic benefits in the world of work.