PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PROGRAM IPA DAN IPS KELAS XI
SMA NEGERI 3 KEDIRI
COMPARISON OF PHYSICAL FITNESS LEVELS OF CLASS XI SCIENCE AND SOCIAL SCIENCE PROGRAM STUDENTS OF SMA NEGERI 3 KEDIRI
Kebugaran jasmani memiliki peran krusial dalam meningkatkan kesehatan dan produktivitas dan penelitian ini merespons perbedaan tingkat kesulitan ketika proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan penjasorkes antara kedua program tersebut Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara menunjukkan perbedaan perilaku siswa program IPA yang lebih cenderung fokus pada kegiatan akademis sedangkan siswa program IPS aktif dalam aktivitas fisik seperti berjalan jalan dan bermain basket
Dengan melibatkan tes kebugaran jasmani penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang perbedaan tersebut dan memberikan landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran penjasorkes yang lebih efektif sesuai dengan karakteristik masing masing program di SMA Negeri 3 Kediri
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni membandingkan tingkat kebugaran jasmani antara siswa program IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Kediri Kebugaran jasmani diukur melalui tes yang melibatkan aspek aspek seperti daya tahan kardiopulmoner kekuatan otot kelentukan dan komposisi tubuh
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan melakukan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk penelitian non eksperimen dengan membandingkan dua sampel Metodelogi yang diterapkan termasuk penelitian perbandingan diaman dua kelompok sampel dibandingkan berdasarkan variabel atau ukuran tertentu
Hasil penelitian menunjukkan bahwa test didapatkan nilai rata rata siswa Program IPA Kelas XI sebesar 3350 dan untuk Siswa Program IPS Kelas XI mempunyai rata rata pada angka 3600 Yang berarti Siswa Program IPS Kelas XI memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dari pada siswa Program IPA Kelas XI
Physical fitness plays a crucial role in improving health and productivity and this research responds to the differences in the difficulty levels during physical education and health learning between the two programs Data obtained from observations and interviews indicate differences in the behavior of students in the science program who tend to focus on academic activities while students in the social sciences program are active in physical activities such as walking and playing basketball
By involving physical fitness tests this research aims to provide a deeper understanding of these differences and lay the foundation for the development of more effective PEH learning strategies according to the characteristics of each program at SMA Negeri 3 Kediri
This study aims to compare the level of physical fitness between students in the science program IPA and social sciences program IPS at SMA Negeri 3 Kediri Physical fitness is measured through tests that involve aspects such as cardiorespiratory endurance muscle strength flexibility and body composition
The research utilizes a descriptive quantitative approach employing non experimental descriptive research by comparing two samples The applied methodology includes comparative research where two sample groups are compared based on specific variables or measures
The results of the research indicate that the average score obtained by Grade XI IPA Program students is 3350 while Grade XI IPS Program students have an average score of 3600 This suggests that Grade XI IPS Program students have a higher level of physical fitness compared to Grade XI IPA Program students