THE USE OF BALOK NUMBERS IN THE CHILDREN'S COGNITIVE ABILITY
Penelitian ini merupakan studi literature bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai artikel atau jurnal ilmiah yang berhubungan dengan media balok angka terhadap kemampuan kognitif anak. Berdasarkan hasil pengamatan, kemampuan kognitif berfikir simbolik di TK AL Hikmah surabaya pada kelompok B masih belum berkembang secara optimal. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan suatu permasalahan bahwa anak mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal angka. Permasalahan tersebut timbul dikarenakan penyampaian metode pembelajaran oleh guru yang kurang menarik dan media yang digunakan hanya sebatas LKA. Kondisi permasalahan tersebut, akan mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, diperlukannya suatu media pembelajaran edukatif yang dapat menstimulasi kemampuan anak mengenal angka dan dilakukan dengan cara menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana data diperoleh dan dikumpulkan menggunakan beragam literature data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan konten isi. Hasil studi literature ini menunjukkan bahwa penggunaan media balok angka mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif anak.
This research is a literature study aimed at collecting and analyzing various articles or scientific journals related to numerical block media on children's cognitive abilities. Based on observations, cognitive abilities of symbolic thinking in kindergarten AL Hikmah surabaya in group B are still not optimally developed. The results of a preliminary study conducted found a problem that children have difficulty in knowing numbers. These problems arise due to the delivery of learning methods by teachers who are less attractive and the media used are only limited to LKA. The condition of these problems will affect the cognitive abilities of early childhood. Based on this, the need for an educational learning media that can stimulate children's ability to recognize numbers and done in a fun way. The method used in this research is the study of literature, where data is obtained and collected using a variety of primary and secondary data literature. Data analysis uses content content. The results of this literature study show that the use of numerical block media has a significant effect on children's cognitive abilities.