Analisis Variasi Gerak Multilateral Dalam Pembelajaran PJOK Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli
Analysis Multilateral Movement Variations Learning of PJOK on Volleyball Outcomes Underhand Pass Learning
Variasi gerak multilateral merupakan aktivitas satu tugas gerak yang di lakukan dengan berbagai cara dan seluas-luasnya dengan tujuan memperkaya gerakan yang dilakukan. Hal tersebut tentunya akan semakin memberikan kemudahan seseorang dalam melakukan aktivitas gerak. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan variasi gerak multilateral dalam pembelajaran passing bawah bolavoli. Penelitian ini merupakan study literature dengan metode literature review yaitu merujuk pada metodologi penelitian atau riset dan pengembangan yang telah dilakukan untuk mengumpulkan berbagai referensi dan penelitian yang relevan dengan topik permasalahan yang akan diteliti, pengumpulan referensi data menggunakan website dari jurnal Research-gate, Springer, Google Schoolar. Selanjutnya akan diperoleh PICO (population, intervention, comparation dan outcome) Dari hasil pencarian didapatkan 14 artikel yang dan diterbitkan dalam tahun 2010 sampai tahun 2020, dengan kriteria 9 jurnal internasional, 4 jurnal nasional tidak terakreditasi dan 1 jurnal nasional yang terakreditasi sinta. Proses review jurnal membaca jurnal-jurnal yang terkait dan mengevaluasi selanjutnya membuat ringkasan dan menggabungkan hasil penemuan, Berdasarkan hasil proses analisis review ditemukan bahwa variasi gerak multilateral berpengaruh terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Dapat disimpulkan bahwa penerapan variasi gerak multilateral dalam pembelajaran passing bawah bolavoli peserta didik mendapatkan pengalaman pembelajaran variasi gerak baru, dan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Multilateral movement variation is the activity of one movement task that is carried out in various ways and as widely as possible with the aim of enriching the movement carried out. This will certainly make it easier for someone to carry out movement activities. The purpose of this paper is to determine the application of multilateral movement variations in volleyball under-passing learning. This research is a literature study with a literature review method, which refers to research or research and development methodologies that have been carried out to collect various references and research relevant to the topic of the problem to be studied, data reference collection using websites from the journal Research-gate, Springer, Google Schoolar. Furthermore, PICO (population, intervention, comparison and outcome) will be obtained. From the search results obtained 14 articles published in 2010 to 2020, with the criteria of 9 international journals, 4 unaccredited national journals and 1 sinta-accredited national journal to be studied. The journal review process reads related journals and evaluates then summarizes and combines the findings. Based on the results of the review analysis process, it was found that multilateral motion variations affect the volleyball bottom passing learning outcomes. It can be concluded that the application of multilateral movement variations in volleyball underhand pass learning, students gain experience in learning new variations of motion, and are more active in participating in the learning process.