Tata rias wajah karakter adalah rias wajah yang dibuat untuk menunjang penampilan pemain dengan karakter atau watak yang diperankan. Tata rias wajah karakter termasuk dalam materi di SMK. Model pembelajaran langsung menggunakan prosthetic cocok diterapkan pada kompetensi tata rias wajah karakter di SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran langsung 2) aktivitas siswa, 3) hasil belajar siswa, 4) respon siswa menggunakan prosthetic melalui model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre exsperiment dengan desain penelitian “The One-Shot Case Study Design” yaitu penelitian yang dilaksanakan pada suatu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding dengan diberi satu kali perlakuan dan pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-a tata kecantikan kulit dan rambut di SMK Negeri 1 Batu sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan sintaks termasuk kategori sangat baik dengan perolehan rata-rata skor nilai sebesar 3,37, 2) aktivitas siswa termasuk kategori sangat baik dengan perolehan rata-rata skor nilai sebesar 3,55 , 3) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan kriteria minimum 75 dengan perolehan rata-rata skor nilai sebesar 76,52 , 4) respon siswa mencapai kriteria sangat baik dengan perolehan presentase nilai sebesar 91%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung , Tata Rias Wajah Karakter, Prosthetic
Character make-up is make-up made to support the player's appearance with the character or character played. character make-up is one of the teaching materials at SMK Negeri 1 Batu. By using the direct learning model, the cosmetology competence of characters in vocational schools will be more effective. This study aimed to find out 1) students’ activity, 2) students’ learning outcome, 3) students’ feedback to direct instruction model. It used the pre-experiment method with “The One-Shot Case Study Design”, namely a type of pre-experimental design where a single group of test units is exposed to an experimental treatment and a single measurement is taken afterwards, and only measures the post-test results and does not use a control group. The subject of the study consisted of 29 twelfth-grade students of XII Tata Kecantikan kulit dan Rambut class of SMK Negeri 1 Batu. The data collection method used observation, test, and questionnaire. The data analysis used average formula and percentage. The results showed 1) the syntax implementation was included in the excellent category with the average score of 3.37, 2) the student activity was in the very good category with the average score of 3.55, 3) the student's learning achievement reached completeness Maximum learning average acquisition value of a score of 76.52, 4) the response of students reached the criteria very well with the acquisition of a percentage value of 91%.
Keyword: Direct Instruction, Make-up Character, Prosthetic