PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MEMAHAMI DONGENG MOMOTARO
QUARTET CARD MEDIA DEVELOPMENT FOR UNDERSTANDING MOMOTARO FAIRY TALES
Pembelajaran sastra menjadi salah satu peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan bagi siswa, sebagai contoh dapat menambah pengetahuan, mendukung pembentukan kepribadian, dan meningkatkan persepsi siswa. Sayangnya, dalam pembelajaran bahasa Jepang di jenjang SMA, pembelajaran sastra Jepang jarang diberikan kepada siswa. Misalnya di SMAN 18 Surabaya kelas bahasa Jepang yang dijadikan subjek penelitian dalam penelitian ini, siswa tidak pernah mendapatkan pelajaran sastra jepang khususnya dongeng jepang. Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, peneliti mengembangkan kartu kuartet sebagai media untuk memahami dongeng Momotaro.
Penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan RnD yang dijelaskan oleh Sugiyono digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ke 8 dari 10 tahap penelitian dan pengembangan karena keterbatasan waktu dan dana peneliti. Dengan hasil penelitian diperoleh : poin validasi ahli subjek sebesar 91,8% yang termasuk dal kategori sangat baik berdasarkan kriteria. Selanjutnya nilai validasi dari ahli media memperoleh 88% yang juga termasuk kategori sangat baik berdasarkan kriteria. Sedangkan untuk hasil tanggapan siswa tentang media tidak dapat diperoleh karena pandemi Covid-19 saat penelitian ini dilakukan. Oleh karena itu, penguji menyarankan untuk mengubah respon siswa menjadi validasi dari ahli subjek yang berbeda dan validasi dari siswa guru serta respon siswa guru untuk mendukung hasil tersebut. Hasil validasi ahli mata pelajaran kedua diperoleh 82,9% dengan revisi, setelah dilakukan revisi hasil validasi dari siswa guru diperoleh 100% dan uji respon diperoleh 100% kategori sangat baik berdasarkan kriteria. Berdasarkan poin di atas, hasil akhir dari penelitian ini adalah mengembangkan kartu kuartet sebagai media yang sesuai untuk memahami dongeng Momotaro, serta cocok untuk digunakan dalam pembelajaran sastra Jepang.
Kata Kunci: Pembelajaran Sastra Jepang, Kartu Kuartet, Penelitian dan Pengembangan, Dongeng Momotaro
Literature learning is became one of the important roles in development knowledge for student such as, the students can increase their knowledge, support the establishment of personality, and increase the students preception. Unfortunately, in japanese learning subject in high school levels, japanese literature learning is rarely given to the students. For example in SMAN 18 Surabaya in Japanese class which is used as research subject in this research, students never recieve a japanese literature lesson especially in Japanese fairytales. Therefore, based on background that had been described, researcher developed quartet card as a media to understanding the Momotaro fairy tales.
Research and development or as known as RnD the one that explained by Sugiyono was used in this research. This research is lasted to step 8 from 10 steps of research and developments because of lack of time, and researcher’s fund. With the result of the research are : point of validation from the subject expert gains 91.8%. Which is very good category based on criteria and point of validation from the media expert gains 88%. Which is also in very good category based on criteria. While for the result of students response about media can’t be obtained because of Covid-19 Pandemic when this research were done. Therefore, research examiner suggested to change the students respones into another validation from the subject expert and validation form students teacher also respon from students teacher to support the result. The result of validation from the second subject expert gained 82.9% with revision, after revison is done the result of validation from students teacher gained 100% and response test gained 100% which is very good category based on criteria. Based on point above, final result of this research to develop quartet card as media are suitable to understanding Momotaro fairy tales, as well is suitable to be used in Japanese literature learning.
Key Word : Japanese Literature learning, Quartet Card, Research and Development, Momotaro fairytale