PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D MATERI TEKNIK PERGERAKAN KAMERA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 1 BOJONEGORO
3D ANIMATION VIDEO MEDIA DEVELOPMENT MATERIAL CAMERA MOVEMENT TECHNIQUES SUBJECT AUDIO AND VIDEO PROCESSING TECHNIQUES CLASS XII MULTIMEDIA DEPARTMENT SMKN 1 BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi 3D sebagai media pengajaran pada materi teknik pergerakan kamera pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video untuk siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMKN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi) adalah lima tahapan pengembangan yang digunakan dalam metode deskriptif kuantitatif & kualitatif ADDIE. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data adalah angket dan tes. Kelayakan media angket dianalisis dengan skala Likert, dan hasil belajar mahasiswa dianalisis dengan uji-t.
Hasil evaluasi dari ahli materi menunjukkan bahwa media ini memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat layak. Ahli media memberikan nilai 94% dengan kategori sangat layak, sementara ahli desain pembelajaran memberikan nilai 86,11% dengan kategori sangat layak. Uji coba perorangan menghasilkan nilai 76,19% dengan kategori layak, uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 75% dengan kategori layak, dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai 76,25% dengan kategori layak. Hasil uji T menunjukkan nilai signifikan 0,001, yang mengindikasikan bahwa penggunaan media video animasi 3D ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, media video animasi 3D untuk teknik pergerakan kamera sangat layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran karena terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberlakukannya treatment kepada siswa kelas XII-MM SMKN 1 Bojonegoro. Media ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan materi pembelajaran yang sejenis di masa mendatang.
Kata Kunci : media pembelajaran, video animasi 3D, teknik pergerakan kamera, multimedia, ADDIE
This research aims to produce 3D animated video media as a teaching medium for camera movement technique material in the Audio and Video Processing Techniques subject for class XII Multimedia Department students at SMKN 1 Bojonegoro. This research uses the ADDIE development model (Analysis, design, development, implementation and evaluation) which are the five development stages used in the ADDIE quantitative & qualitative descriptive method. In this research, the data collection methods are questionnaires and tests. The feasibility of the questionnaire media was analyzed using a Likert scale, and student learning outcomes were analyzed using the t-test.
Evaluation results from material experts show that this media received a score of 90% in the very appropriate category. Media experts gave a score of 94% in the very worthy category, while learning design experts gave a score of 86.11% in the very worthy category. Individual trials scored 76.19% in the feasible category, small group trials scored 75% in the feasible category, and large group trials scored 76.25% in the feasible category. The T test results show a significant value of 0.001, which indicates that the use of 3D animated video media is effective in increasing students' understanding of the material being taught.
Based on the results of this research, 3D animated video media for camera movement techniques is very suitable to be used as a learning aid because there are differences before and after the treatment is applied to class XII-MM students at SMKN 1 Bojonegoro. This media can be a reference for developing similar learning materials in the future.
Keywords: learning media, 3D animated videos, camera movement techniques, multimedia, ADDIE.