Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan transparansi informasi sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, terdapat 52 perusahaan yang menjadi sampel penelitian dengan periode pengamatan 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, transparansi mampu memperkuat pengaruh negatif agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan, dan transparansi informasi mampu memperkuat pengaruh positif pengaruh positif leverage terhadap nilai perusahaan.
This study aims to examine the effect of tax aggressiveness and leverage on firm value with transparency information as moderating variable. The population used is a manufacturing company listed on Indonesia Stock Exchange. Based on quantitative research methods with a purposive sampling technique, there are 52 companies become a research sample during period 2013-2017. Data analysis method used is Moderated Regression Analysis (MRA). The result of this research showed that tax aggressiveness has a negative effect on firm value, leverage has a positive effect on firm value, transparency information as moderating variable is a able to strengthen the negative effect between tax aggressiveness with firm value, and transparency information as moderating variable is a able to strengthen the positive effect between tax aggressiveness with firm value.