ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA KD
MENGANALISIS SURAT DINAS KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK
Nama :
Ahmad Noor Fuadi
NIM :
130 80314076
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran korespondensi
kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMK
Negeri 2 Nganjuk.
Jenis
penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan
bentuk nonequivalent control group design .
Subjek penelitian yang digunakan yaitu
kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas X OTKP 3 sebagai kelas
kontrol sebanyak 34 siswa .
Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan lembar
tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan
tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji
normalitas, analisis gain score dan
uji t (hipotesis).
Has il pen eli tian ini
me nunjuk ka n bahwa
ketu nt as an belaj ar siswa pa da kelas
eksper imen diny atakan tunt as 100% sec ara klasi kal, sed an gka n pad a
kelas kont rol dinya ta ka n
tunt as 85% se car a klas ikal. Ni l ai rat a -r at a pre tes t kelas
eksperimen ad alah s ebes a r
54, 56, se dangkan p ad a kelas ko nt rol ad alah
sebes ar 56, 47. Nilai r ata -r ata posttest
k elas ekspe ri men adal ah
sebes ar 85,00, seda n gk an pad a kelas kon tro l ad alah se besar 80,56. Gain score at au s e lisih n ilai rata-r ata pret est d an
posttes t pad a k el as eksper imen
ad alah sebes ar 30, 44, s edan gka n pad a k elas kont ro l ad alah
seb es ar 2 4,12.
Berdasarkan hasil analisis uji t posttest , diperoleh thitung sebesar
2,597 dengan taraf signifikasi sebesar ,012. Sedangkan ttabel dicari
dengan tabel distribusi pada taraf kepercayaan 95% (α = 5%, karena uji t
bersifat dua sisi) dengan derajat kebebasan (df) sebesar 66, sehingga ttabel
diketahui (0,05;66)=1,997. Mengacu pada perhitungan uji t diketahui bahwa
t-test < 0,05 yaitu ,012 < 0,05 dan thitung (2,597) > ttabel
(1,997) sehingga Ha diterima . Selain itu, berdasar hasil analisis uji t selisih (gainscore) , diperoleh nilai thitung sebesar 2,455
dengan taraf signifikasi ,017. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 1,997 dengan taraf signifikasi 0,05. Dari
perhitungan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak
dan Ha diterima karena t-test < 0,05 yaitu ,017 < 0,05 dan thitung
(2,455) > ttabel (1,997). Berdasar hasil
perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa Terdapat
pengaruh
hasil belajar siswa pada model Problem
Based Learning terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Korespondensi KD
Menganalisis Surat Dinas di kelas X OTKP SMKN 2 Nganjuk. Kelas eksperimen
yang menggunakan model Problem Based
Learning memperoleh nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yang
menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning ,
Korespondensi, Hasil Belajar