Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan wawasan kebangsaan pada peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn Tunarungu dan peserta didik tunarungu kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang berkaitan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan pada peserta didik tunarungu dilihat dari cara guru memvisualkan setiap materi atau konsep pembelajaran yang dilengkapi dengan gambar bewarna yang dijadikan sebagai media pembelajaran dan melibatkan langsung peserta didik dalam pemanfaatan media. Guru mengoptimalkan materi Hak Asasi Manusia (HAM) dengan dukungan contoh disekitar lingkungan sekolah, serta adanya bantuan modul modivikasi sebagai bahan ajar peserta didik yang ditandai dengan kalimat singkat dan dilengkapi dengan gambar bewarna. Dengan demikian keseluruhan kegitan yang dilakukan peserta didik tidak dapat lepas dari alat bantu pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi guru PPKn, Wawasan kebangsaan
The purpose of this study is to describe the strategies used by Pancasila and Citizenship Education (PPKn) teachers in enhancing the national outlook on deaf students. This research uses a qualitative approach using a case study design. The subjects in this study were PPKn Deaf subjects and Grade VII deaf students. Data collection techniques through observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results showed that the learning strategies related to increasing national insight in deaf students were seen from the way the teacher visualized each material or concept of learning that was equipped with colored pictures that were used as learning media and directly involved students in the use of media. The teacher optimizes the material aboute human rights with the support of examples around the school environment, as well as the help of modification modules as teaching materials for students which are marked with short sentences and are equipped with colored pictures. Thus the overall activity of the students cann’t be separated from the learning aids.
Keywords: PPKn teacher strategy, national insight