Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok teknik Brain Gym game efektif untuk meningkatkan tingkat konsentrasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yaitu,one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan inventori yang dikembangkan secara khusus. Inventori yang digunakan telah divalidasi dengan koefisiensi alfa cronbach sebesar 0.786. Data hasil dari penelitian di analisis menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik Brain Gym game dapat meningkatkan tingkat konsentrasi belajar peserta didik dengan taraf signifikan ρ = 0.027 dan α = 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, bimbingan kelompok teknik Brain Gym game dapat menjadi salah satu alternatif konselor untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Namun, dalam penelitian ini juga masih memiliki kekurangan karena dalam penelitian ini tidak menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Sehingga penelitian ini masih dapat di uji lagi dengan metode dan sampel yang berbeda.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Brain Gym, Konsetrasi Belajar
The purpose of this study was to determine whether or not the application of group guidance with Brain Gym game techniques was effective to increase the level of concentration of learning of students. This research method uses a quantitative approach with experimental design, namely, one group pretest-posttest design. The subjects in this study were six junior high school students (SMP), who selected by purposive sampling method. The data in this study were measured using inventory level of learning consentration. The inventory that used was validated with cronbach alpha coefficient of 0.786. The data were analyzed using non-parametric statistic with the Wilcoxon signed rank test. The results of the analysis showed that the application of the group guidance with Brain Gym game technique could increase the level of learning concentration of students with a significant level ρ = 0.027 and α = 0.05. Based on these results, the group guidance with Brain Gym game technique can be an alternative for counselor to improve students' learning concentration. However, this study also still lacks because in this study it did not use a comparison group or control group. So this research can still be tested again with different methods and samples.
Keywords: Guidance group, Brain Gym, consentration of learning