Dalam pembelajaran akuntansi diharapkan siswa mampu memperoleh hasil belajar yang tinggi dan baik. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah efikasi diri, regulasi diri dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, regulasi diri, dan kebiasaan belajar dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada matakuliah akuntansi biaya mahasiwa prodi pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Prodi pendidikan akuntansi 2015 A, 2015 B, 2014 A dan 2014 B dengan sampel 118 mahasiwa. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan interview. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji regresi linier berganda dengan berbantuan aplikasi SPSS (Statistical Package For Sosial Science) versi 22. Berdasarkan hasil analisa data, hasil uji t efikasi diri yaitu yaitu 0,5604> 0.05 , regulasi diri (0,00372< 0,05), dan kebiasaan belajar (0,000 < 0,05) dan hasil uji F sebesar 29,5074 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri, regulasi diri dan kebiasaan belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akutansi biaya mahasiwa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan secara parsial efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi biaya mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya.
In accounting learning students are expected to be able to obtain high and good learning outcomes. Student learning outcomes are influenced by several factors including self-efficacy, self-regulation and study habits. The purpose of this study was to determine the effect of self-efficacy, self-regulation, and study habits to improve learning outcomes, especially in the accounting costs of student accounting study program at Surabaya State University.This study uses the ex post facto method. The population and sample of this study were students of 2015 A accounting education study program, 2015 B, 2014 A and 2014 B with a sample of 118 students. Retrieving data using questionnaires and interviews. The data analysis technique used uses multiple linear regression tests with the help of the SPSS application (Statistical Package For Social Science) version 22. Based on the results of data analysis, the results of the t test of self-efficacy are 0.5604> 0.05, self-regulation (0.00372 <0.05), and study habits (0.000 <0.05) and F test results of 29.5074 with values probability (sig) = 0,000. This shows that self-efficacy, self-regulation and study habits have an effect on simultaneously on the results of accounting costs of student Accounting Education Study Program Surabaya State University. While partially self-efficacy does not affect the learning outcomes of cost accounting, students of Accounting Education Study Program, Surabaya State University.