Igirisa, Shendy Septiani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bilangan Braille untuk Pembelajaran Siswa Tunanetra pada Materi Bilangan Bulat. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc, dan (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Kartu Bilangan Braille, Tunanetra, Bilangan Bulat.
Siswa tunanetra tidak dapat menggunakan indera penglihatan dalam beraktivitas, namun siswa tunanetra masih dapat menggunakan indera yang lain diantaranya indera perabaan. Oleh karena itu penggunaan media yang bisa memanfaatkan indera perabaan dapat membantu siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan efektifitas pengembangan media pembelajaran kartu bilangan Braille untuk pembelajaran siswa tunanetra pada materi bilangan bulat.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif yang berorientasi pada pengembangan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran kartu bilangan Braille, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan tes hasil belajar (THB). Media pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima fase yaitu fase analisis, fase desain, fase pengembangan, fase implementasi dan fase evaluasi. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 3 siswa kelas IV di SLB Negeri Kabupaten Bonebolango dengan kategori tunanetra buta total, buta sebagian dan low vision dan subjek penelitian untuk kelas implementasi adalah 3 siswa kelas IV di SLB Kota Gorontalp dengan kategori tunanetra buta total, buta sebagian dan low vision selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Media pembelajaran dikatakan valid karena semua validator memberikan nilai minimal 3 untuk setiap aspek penilaian dengan skala 1-4 dan soal tes hasil belajar memenuhi kriteri valid dan reliabel. Media pembelajaran dikatakan praktis karena kemampuan guru mengelola pembelajaran menunjukkan kategori minimal baik dan aktivitas siswa dikategorikan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena respon siswa terhadap pembelajaran positif serta ketuntasan tercapai.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada kelas implementasi diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran kartu bilangan Braille untuk siswa tunanetra pada materi bilangan bulat efektif untuk melatihkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal ini dapat dilihat pada aspek kualitas pembelajaran, kesesuain tingkat pembelajaran, insentif bail dan waktu yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun pada RPP.
Igirisa, Shendy Septiani. 2019. Development of Braille Learning Media Card Numbers for Blind Students in the Round Material. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisors: I) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc, and (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Keywords: Media Development, Braille Numbers, Blindness, Round Numbers
Blind students cannot use the sense of sight in doing activities. However, they can still use other senses such as sensory touch. Therefore the use of media that can utilize the senses of touch can help students in conducting learning activities. This study aims to produce and describe the effectiveness of developing Braille number card learning media for the learning of blind students in whole number material.
This Study is categorized as developments study with descriptive approach that orientation to development product. The learning media that developed in this study is Braille number card learning media, Lesson Plan (RPP), and learning result test (TBH). This Learning media is developed using the ADDIE development model which consists of five phases, namely the analysis phase, design phase, development phase, implementation phase and evaluation phase. The study subjects for the trial class are 3 category students of Fourth Class, which is total blind, partially blind and low vision. In this study used descriptive analysis.
Based on the results of the descriptive analysis, it was found that the learning media developed were of good quality, because it meets valid, practical, and effective. Learning media is said to be valid because all of validations provide 3 minimum values for each assessment aspect with 1-4 scale and the result test are valid and reliable criteria. Learning media provided are practical because teacher learning provides a good minimum category and student activities are categorized as effective. Lesson plan was effective because students' responses to positive learning and completeness are achieved.
Based on descriptive analysis on implementation class found that the development of instructional media by using Braille Number Card for Blind Students in integers is effective to train the students' mathematical understanding abilities. This is found on the quality of learning aspects, the suitability of learning level, good initiative and the spent time based on the planning that arranged on the RPP.