Evaluasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Farmasi di SMKS Kesehatan Yannas Husada Bangkalan
Evaluation of Pharmacy Program Field Work Practices at Yannas Husada Health High School Bangkalan
ABSTRAK
Hanaris. 2021. Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Farmasi di SMKS Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd., dan (II) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata-kata Kunci : Evaluasi Program, Praktek Kerja Lapangan (PKL), SMK, Model CIPP (Context, Input, Process, dan Product)
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program praktek kerja lapangan (PKL) program Farmasi di SMKS Kesehatan Yannas Husada Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, jenis penelitian studi kasus, dan desain penelitian evaluasi program model CIPP (context, input, process, dan product). Tempat penelitian di SMKS Kesehatan Yannas Husada Bangkalan yang dilaksanakan di kelas XI semester genap dan dilanjutkan kelas XII semester ganjil. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, waka humas, coordinator lapangan program farmasi, guru pembimbing, siswa, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi (pnarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) evaluasi context ditinjau dari kebijakan program dan lingkungan telah memenuhi standart dan berjalan dengan baik, 2) evaluasi input ditinjau dari pemetaan dan rekrutmen siswa, pemilihan guru pembimbing, kurikulum, sarana dan prasarana, dan pembiayaan telah memenuhi standart dan berjalan dengan cukup baik, 3) evaluasi process ditinjau dari lama program dan proses pelaksanaan praktek kerja lapangan telah memenuhi standart dan berjalan dengan baik, 4) evaluasi product ditinjau dari nilai dan sertifikat yang didapatkan oleh siswa telah memenuhi standart dan berjalan dengan baik.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Program Farmasi di SMKS Kesehatan Yannas Husada Bangkalan secara keseluruhan telah berjalan dengan baik dan sesuai standar.
ABSTRACT
Keywords: Program Evaluation, Job Training (PKL), SMK, CIPP Model (Context, Input, Process, and Product)
This study aims to evaluate the Pharmacy program fieldwork practice program at Yannas Husada Health School Bangkalan.
This study used a qualitative research approach with descriptive methods, case study research design, and CIPP model program evaluation research design (context, input, process, and product). The place of research at Yannas Husada Bangkalan Health SMKS was carried out in class XI even semester and continued in class XII semester odd. The informants in the study were the principal, vice public relations officer, field coordinator of the pharmacy program, tutor teachers, students, and student guardians. The data collection techniques in this study used participant observation, in-depth interviews, and documentation study. Meanwhile, the technical analysis of data is by reducing data, presenting data, and verification (drawing conclusions). The results of this study indicate that 1) the evaluation of the context in terms of program and environmental policies has met the standards and is running well, 2) the evaluation of inputs in terms of mapping and student recruitment, selection of supervisors, curriculum, facilities and infrastructure, and financing has met the standards and went quite well, 3) evaluation process in terms of program duration and the process of implementing field work practices had met standards and was running well, 4) product evaluation in terms of grades and certificates obtained by students had met the standards and were running well.