MANAJEMEN PRODUKSI CHANNEL YOUTUBE SINAU HURIP DALAM MENGEMAS KONTEN EMPATI PENANGANAN ODGJ JALANAN
PRODUCTION MANAGEMENT OF THE SINAU HURIP YOUTUBE CHANNEL IN PACKAGING EMPATHY CONTENT IN HANDLING STREET ODGJ
Seiring berjalannya zaman, media sosial berkembang dengan sangat pesat dari tahun ke tahun. Hampir semua masyarakat menggunakan media sosial untuk mendapatkan sumber informasi, edukasi, hiburan, dan lain sebagainya. Youtube menjadi salah satu media sosial berbagi video yang populer di masyarakat karena kemudahan dalam mengakses video serta memiliki beragam manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi channel youtube Sinau hurip dalam mengemas konten empati ODGJ jalanan hingga mampu memulangkan 250 ODGJ kepada keluarganya. Landasan teori yang digunakan berdasar pada Media and Digital Management dari Eli M Noam yang berisi teknik pengurangan resiko, faktor pengembangan produk, dan faktor struktur organisasi. Peneltian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana channel youtube Sinau Hurip dalam mengelola konten empati yang humanis, tiak menyinggung pihak lain, berkolaborasi dan menjalin hubungan baik dengan semua pihak, serta mengetahui bagaimana Sinau Hurip dalam mengelola informasi yang berkaitan dengan kepulangan ODGJ kepada keluarganya.
Kata Kunci : Manajemen Produksi, Konten Empati, ODGJ Jalanan
As time goes by, social media is developing very rapidly from year to year. Almost all people use social media to get sources of information, education, entertainment, and so on. YouTube is one of the video sharing social media that is popular among the public because it is easy to access videos and has various benefits. The aim of this research is to find out how the production management of the Sinau Hurip YouTube channel is in packaging empathetic content for people with mental disorders on the streets so that they are able to send 250 people with mental disorders back to their families. The theoretical basis used is based on Media and Digital Management from Eli M Noam which contains risk reduction techniques, product development factors, and organizational structure factors. This research uses a qualitative descriptive method. The results of this research are to find out how the Sinau Hurip YouTube channel manages humanistic, empathetic content, does not offend other parties, collaborates and builds good relationships with all parties, and also finds out how Sinau Hurip manages information related to the return of people with mental disorders to their families.
Keywords: Production Management, Empathetic Content, Mental Disorders on the Street