IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SUARA SURABAYA DALAM MENDAPATKAN IKLAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
IMPLEMENTATION OF MARKETING COMMUNICATION RADIO SUARA SURABAYA IN GETTING ADVERTISEMENTS DURING COVID-19 PANDEMIC
Pada masa pandemi covid-19 ini radio Suara Surabaya terkena dampak yang dirasakan hingga adanya pengurangan gaji karyawan. Pemasukan iklan dibutuhkan untuk memberikan gaji karyawan dan operasional lainnya maka sangat penting untuk menarik minat pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan radio Suara Surabaya dalam mendapatkan iklan pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah studi kasus deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran radio Suara Surabaya dalam mendapatkan pengiklan pada masa pandemi covid-19 banyak mengalami perubahan dalam menghadapi pandemi covid-19. Dalam mendapatkan pengiklan pada masa covid-19 untuk menarik perhatian pengiklan yaitu dengan memberikan diskon dan plihan paket-paket iklan yag ditawarkan kepada calon pengiklan dan dengan digunakan. Sebagai penunjang, promosi dalam menciptakan citra positif radio Suara Surabaya pada masa pandemi covid-19 mengarah ke soft campaign dan bersifat edukasi. Dengan berinteraksi bersama pendengar seperti pada event yang diselenggarakan oleh marketing promosi yaitu program webinar TalkSS dengan menggunakan live streaming zoom, Facebook E100, Youtube Suara Surabaya dan dengan adanya Gerakan Sosial yaitu Surabaya Peduli Covid-19 sebagai meningkatkan citra radio Suara Surabaya pada masa pandemi covid-19 agar tetap memiliki citra positif dalam masyarakat pada masa pandemi covid-19.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Implementasi, Komunikasi Pemasaran
At the time of the Covid-19 pandemic, Suara Surabaya Radio was affected by the perceived impact of employee salaries. Advertising inclusion is needed to provide employee salaries and other operations so it is important to attract advertisers. This research aims to determine the implementation of marketing communications conducted by Suara Surabaya Radio to get advertisements during the Covid-19 pandemic. The method used is a qualitative descriptive case study. The results of this study showed that Suara Surabaya Radio marketing Communications in getting advertisers during the Covid-19 pandemic had undergone a change in the face of a covid-19 pandemic. In getting advertisers at the time of the Covid-19 to draw advertisers ' attention is by providing discounts and advertising packages offered to prospective advertisers and by use. As a supporting, promotion in creating a positive image radio sound Surabaya at the time of the Covid-19 pandemic lead to a soft campaign and educational. By interacting with listeners such as in the event organized by promotional marketing is the webinar program TalkSS by using live streaming zoom, Facebook E100, Youtube Suara Surabaya and with the social movement that is Surabaya Peduli Covid-19 as an increase in the radio image of Suara Surabaya Radio at the time of the Covid-19 pandemic to keep a positive image in society during the Covid-19.
Keywords: Pandemic Covid-19, Implementation, Marketing Communication