PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN DETEKTIF UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF DETECTIVE BOARD MEDIA FOR ARGUMENTATION TEXT WRITING SKILLS FOR FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk memfasilitasi penyampaian pesan pembelajaran dari guru kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran perlu disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan jenis media yang sesuai. Media Papan Detektif merupakan sebuah media pembelajaran papan permainan cetak dua dimensi dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dipilih pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Papan Detektif untuk pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas IV sekolah dasar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan mulai dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis data yang didapat adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen hasil uji validasi oleh validator ahli media, validator ahli materi, angket respons siswa dan respons guru, dan lembar tes. Data kuantitatif diperoleh dari saran pengembangan dari validator dan respons guru. Setelah dinyatakan valid oleh validator media dan materi, produk media diuji coba pada subjek dengan skala kecil sebanyak 5 siswa dan skala besar sebanyak 20 siswa. Data penelitian didapat dianalisis menggunakan teknik analsisi deskriptif kuantitatif dan analsisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 86,31% dan validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 91 %, masing-masing memperoleh kriteria Valid. Media Papan Detektif juga mendapat respons kepraktisan yang tinggi dari siswa sebagai pengguna dan guru sebagai pengawas, dengan nilai masing-masing sebesar 85,66 % dan 85 %. Selain itu, media Papan Detektif juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keterampilan menulis teks argumentasi dengan hasil tes memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,703. Dapat disimpulkan bahwa, media Papan Detektif yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas IV sekolah dasar.
Learning media is a tool that can be used to facilitate the delivery of learning messages from teachers to students. The use of learning media needs to be adjusted to the learning objectives and the appropriate type of media. The Detective Board media is a two-dimensional printed board game learning media that can be an alternative learning media chosen for learning Indonesian. The purpose of this research and development was to produce a Detective Board learning media for learning the skills of writing argumentative texts for fourth grade elementary school students. The research and development model used in this study is the ADDIE development model which has five stages of development starting from analysis, design, development, implementation, and evaluation. The types of data obtained are quantitative data and qualitative data. Quantitative data were obtained from instrument validation test results by media expert validators, material expert validators, student response questionnaires and teacher responses, and test sheets. Quantitative data were obtained from suggestions for development from validators and teacher responses. After being declared valid by the media and material validators, media products were tested on subjects with a small scale of 5 students and a large scale of 20 students. The research data obtained were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques and N-Gain analysis. The results showed that the validation of media experts obtained a value of 86.31% and the validation of material experts obtained a value of 91%, each of which obtained the Valid criteria. The Detective Board media also received a high practical response from students as users and teachers as supervisors, with scores of 85.66% and 85% respectively. In addition, the Detective Board media is also effective in improving student learning outcomes in the material skills of writing argumentative texts with test results obtaining an N-Gain value of 0.703. It can be concluded that the Detective Board media developed is suitable for use in teaching argumentation text writing skills for class IV elementary school students.