Pengembangan Buku Panduan Mengenal Keaksaraan Awal Dengan Metode Suku Kata Untuk Anak Usia 4-5 Tahun
Development of a Guidebook for Getting to Know Literacy with the Syllable Method for Children Aged 4-5 Years
Permasalahan dari penelitian ini adalah beberapa anak masih belum mampu mengenal huruf A-Z, symbol huruf A-Z, membaca dua suku kata, dan mereka kurang tertarik dengan pembelajaran bahasa, khususnya keaksaraan awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media buku panduan mengenalkan keaksaraan awal dengan metode suku kata untuk anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Evaluation). Dan desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest Potest Design. Dua ahli materi dan media,serta dua guru TK A sebagai validator penelitian. 20 anak TK A usia 4-5 tahun sebagai subyek uji coba terbatas dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan angket instrument penilaian. Analisis data menggunakan statistik Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah media buku panduan mengenal keaksaraan awal, dengan presentase kelayakan ahli media 83,3%, ahli materi 87,5%, dan hasil uji perorangan dua guru 79,1% dan 83,3%. hasil rata-rata pretest 61,8% < postest 83,3%. Hasil keefektifan lainnya nilai Negative Ranks sebesar 0 dan nilai Positive Ranks sebesar 20. Pada hasil Mean Rank sebesar 10,5 dan Sum of Ranks sebesar 210,00. Jadi dapat diartikan bahwa semua sampel tidak menunjukkan adanya penurunan dan mengalami peningkatan sebesar 10,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media buku panduan dapat mencapai tujuan pembelajaran anak usia 4-5 tahun yang mampu mengenal keaksaraan awal dengan metode suku kata.
Kata Kunci : Keaksaraan Awal, Metode Suku Kata
The problem with this study is that some children are still not able to recognize the letters A-Z, the symbols of letters A-Z, read two syllables, and they are less interested in language learning, especially early literacy. The purpose of this study is to find out how feasible and effective the media of the guidebook introduces early literacy with the syllable method for children aged 4-5 years. The method used in this study is Research and Development with the ADDIE (Analyze, Design, Development, Evaluation) development model. And the design of this study uses One-Group Pretest Potest Design. Two material and media experts, as well as two kindergarten A teachers as research validators. 20 children of kindergarten A aged 4-5 years as subjects of a limited trial in this study. The data collection method uses a questionnaire of assessment instruments. Data analysis uses Non-Parametric statistics with the Wilcoxon Test. The results of this study were the media of the guidebook to know early literacy, with the percentage of eligibility of media experts 83.3%, material experts 87.5%, and individual test results of two teachers 79.1% and 83.3%. The average result of the pretest was 61.8% < the postest was 83.3%. Other effectiveness results are a Negative Ranks value of 0 and a Positive Ranks value of 20. The results of the Mean Rank are 10.5 and the Sum of Ranks is 210.00. So it can be interpreted that all samples showed no decrease and experienced an increase of 10.5. This shows that the use of guidebook media can achieve the learning goals of children aged 4-5 years who are able to recognize early literacy with the syllable method.
Keywords: Early Literacy, Syllable Method