Dunia pendidikan perlu mengembangkan kemampuan pendidikan dalam menghadapi setiapperubahan yang terjadi di sekolah. Dalam mengembangkan kemampuan pendidikan sangat diperlukan kemampuan berpikir kreatif dalam setiap masalah yang diberikan di sekolah agarseseorang dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai macam jawaban dan kemungkinan caradalam menyelesaikan suatu permasalahan. Perlu ditingkatkan kemampuan berpikir kreatif yang harus dimiliki seseorang sehingga dapat meningkatkan pendidikannya dalam pembelajaran di sekolah. Untuk mengetahui cara berpikir kreatif siswa, seorang guru bsa melihat kemampuan itu dengan memberikan soal-soalopen ended. Soal yang diberikan itu memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir siswa dalammenyelesaikan soal yang diberikan yang memiliki lebih dari satu jawaban dan cara penyelesaian yang benar. Soal open ended yang diberikan sangat membantu siswa dalam menggali ide yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan setiapsiswa. Tujuan penelitian iniuntuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan openendedditinjau dari kemampuanmatematika.
Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini diambil dari SMPN 28 Surabaya yang terdiri dari tiga siswa dari kelas VIIIF. Pertama siswa berkemampuan matematika tinggi, kedua siswa berkemampuan matematika sedang, dan ketiga siswa berkemampuan matematika rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tes yang terdiri dari tes kemampuan matematika dan tes soal open ended serta metode wawancara. Analisis data mengunakan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dankebaruan.
Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa kefasihan siswa berkemampuanmatematika tinggi adalah siswa dapat menemukan berbagai macam jawaban pada soal materi segiempat dengan benar, fleksibilitas siswa berkemampuanmatematika tinggi adalah siswa dapat menemukan berbagai macam penyelesaian dengan benar, dan kebaruan siswa berkemampuanmatematika tinggi adalah siswa dapat menemukan penyelesaian lain dengan menemukan luas segiempat dan mencari tinggi dari bangun segiempat yang diketahui. Kefasihan siswa berkemampuanmatematika sedang adalah siswa dapat menemukan berbagai macam jawaban pada soal materi segiempat dengan benar, fleksibilitas siswa berkemampuan matematika sedang adalah serta siswa dapat menemukan berbagai penyelesaian dengan benar. Kefasihan siswa berkemampuanmatematika rendah adalah siswa dapat menemukan berbagai jawaban pada soal materi segiempat dengan benar, serta fleksibilitas siswa berkemampuanmatematika rendah adalah siswa dapat menemukan berbagai macam cara yang berbeda dengan benar.
Kata kunci: Berpikir kreatif, soal openended, kemampuan matematika
The world of education needs to develop educational skills in the face of any changes that occur in schools.In order to improve the ability of education itneeds the ability to think creatively in every problems in the school so that student may answer a question in many various ways and any possible ways. The ability of thinking creatively is needed to be improved and it is necessary if student have that kind of thinking skill in order to improve the education in the school. To know how creative a student think, a teachers can see that ability by giving students open ended questions. The questions given to the students areaiming to know how students think and finish the questions.Thequestions given are the questions which have many right answers and many possible rightways to answer the questions correctly.The given open ended questionsare helping the students to figure out the different ideas that depends on the students abilities.The goal of this research is to describe the abilities ofthe junior high school students tothink creatively in order to solve an open ended questions which observed from their mathematicabilities.
This research is a descriptive qualitative research. The subject of this research was taken from SMPN 28 Surabaya which consisted of three students from VIII F class. The first student was the one who have a good mathematicskills, second wasthe student with average mathematicskills andthe last was the student with low mathematic skills. Method thatwas being used to collect the data was test methods which consisted of mathematic abilities test and open ended questions test, lastly the interview method. Data analysis was using creative thinking as the indicator which are fluency,flexibility and novelty.
The research shows the following results, fluency of students with high mathematical abilities is the students who could find variety answers in mathematic square problems correctly, students could find different yet correct ways and also students could find different ways to find the area of squares and finding the height of a square from another known square. From that result, student with high mathematic ability full filled three indicators of creative thinking which are fluency, flexibility and novelty. The result of student with average mathematic ability will be described as student could find variety answers in a square questions correctly and student could find variety ways in every correct answers. From that result student full filled two indicators which are fluency and flexibility. The result of student with low mathematic ability was described as student could find variety answers in square questions correctly andalso student could find variety ways correctly. From that result student full filled two creative thinking indicators which are fluency and flexibility.
Key words: creative thinking, open ended questions, mathematics ability