Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Bygserel Berbasis Android Menggunakan Software Smart App Creator (SAC)
Development of Android-based Bygserel Application Learning Media Using Smart App Creator (SAC) Software
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan yang ditinjau dari aspek kevalidan, tingkat kepraktisan, serta tingkat keefektifan dari media pembelajaran aplikasi Bygserel berbasis android menggunakan Smart App Creator (SAC).
Pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan desain uji coba one shot case study dan dilakukan pada siswa kelas X TITL 3 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen validasi media dan materi aplikasi Bygserel, angket respon siswa, serta hasil belajar kognitif siswa (posttest).
Hasil penelitian menunjukkan kevalidan aplikasi Bygserel secara media menghasilkan rating 92,86 dengan kategori “sangat valid” serta secara materi menghasilkan rating 94,32 dengan kategori “sangat valid”. Untuk kepraktisan media aplikasi Bygserel, menghasilkan rating 90,58 dengan kategori “sangat praktis”. Untuk tingkat keefektifan media aplikasi Bygserel dengan hasil belajar kognitif menghasilkan nilai thitung = 8,868, dengan nilai ttabel (df = 29, a = 0,05) = 2,045, memperoleh nilai sig. sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media pembelajaran aplikasi Bygserel dapat dikatakan layak secara valid, praktis, serta efektif digunakan dalam pembelajaran Dasar-dasar Program Keahlian di SMK Negeri 7 Surabaya.
Kata kunci: media pembelajaran, aplikasi, android, SAC
This study aims to determine the level of feasibility in terms of the validity aspect, level of practicality, and level of effectiveness of the Android-based Bygserel application learning media using the Smart App Creator (SAC).
The development using Research and Development (R&D) research method. This study used a trial design of one-shot case study and was conducted on 30 students of grade
in class X TITL 3 SMK Negeri 7 Surabaya with as many as 30 students. This study used media validation instruments and Bygserel application materials, student response questionnaires, and student cognitive learning outcomes (posttest).
The results showed that the validity of the Bygserel application in the media resulted in a rating 92,86 in the "very valid" category and material terms produced a rating 94,32 in the "very valid" category. For the practicality of the Bygserel application media, it produces a rating 90,58 with the "very practical" category. For the level of effectiveness of Bygserel application media with cognitive learning outcomes, it produces a tcount = 8,868, with a ttable value (df = 29, a = 0.05) = 2,045, obtains a sig. as large 0,000. Based on the results of this study, the Bygserel application learning media can be said to be valid, practical, and effective in learning the Basics of the Expertise Program at SMK Negeri 7 Surabaya.
Keywords: learning media, application, android, SAC