Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Surabaya. Faktor-faktor yang dikaji dalam penelitian ini dibatasi dengan tiga faktor yang secara teoritik memainkan peran penting dalam memengaruhi kektifan belajar peserta didik. Ketiga faktor tersebut adalah faktor fisiologis, faktor motivasi belajar, dan faktor minat belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survey eksploratif. Sampel penelitian sebanyak 382 subyek diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan inventory dengan alat ukur inventory faktor fisiologis, inventory faktor motivasi belajar, inventory faktor minat belajar, dan inventory keaktifan belajar. Keempat alat tersebut dikembangkan secara khusus dan sudah di uji coba dengan koefisien reliabilitas. Didapatkan hasil alpha cronbach sebesar 0,862 . Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil secara simultan melalui uji f diketahui nilai signifikansi yang ditunjukkan sebesar 0,000 atau lebih rendah dari 5% (0,05) sehingga dapat dijelaskan bahwa secara simultan kondisi fisiologis, motivasi belajar, dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik. Namun, secara parsial melalui uji t tingkat kesehatan fisiologis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,514 yang lebih besar dari 5% (0,05). Hasil ini menjelaskan bahwa secara parsial tingkat kesehatan fisiologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik. Tingkat motivasi belajar menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 5% (0,05) dan tingkat minat belajar menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 5% (0,05). ). Hasil ini menjelaskan bahwa secara parsial tingkat motivasi belajar dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik Sehingga didapatkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor motivasi belajar, disusul oleh faktor minat belajar dan faktor fisiologis. Berdasarkan penemuan tersebut dapat disarankan untuk meningkatkan.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Fisiologis, Motivasi Belajar, Minat Belajar
This study aims to determine the factors that influence the students of State Surabaya Junior High School. The factors studied in this study are limited by three factors that theoretically play an important role in influencing learners' learning effectiveness. These three factors are physiological factors, learning motivation factors, and interest in learning. The study was conducted with a quantitative approach with an exploratory survey design. The research sample was 382 subjects taken using cluster random sampling technique. The technique of collecting data uses the inventory with an inventory of physiological factors, inventory of learning motivation factors, inventory of learning interest factors, and inventory of learning activeness. The four tools were specifically developed and tested with reliability coefficients. Cronbach alpha results were obtained at 0.862. Data were analyzed statistically using multiple linear regression analysis. The results of hypothesis testing show result simultaneously through the f test. It is known that the significance value shown is 0,000 or lower than 5% (0.05) so that it can be explained that simultaneous physiological conditions, learning motivation, and learning interest have a significant effect on students' learning activeness. However, partially through the t-test, the physiological health level shows a significance value of 0.514 which is greater than 5% (0.05). These results explain that partially the physiological health level does not have a significant effect on students' learning activeness. Learning motivation level shows a significant value of 0,000 which is lower than 5% (0.05) and the level of interest in learning shows a significant value of 0,000 which is lower than 5% (0.05). ) These results explain that partially the level of learning motivation and interest in learning has a significant effect on student learning activeness. As a result, the most influential factors are learning motivation factors, followed by learning interest factors and physiological factors. Based on these findings, it can be suggested to increase learning activeness by being given guidance and counselling services by counsellors in schools
Keywords: Learning Activity, Physiology, Learning Motivation, Learning Interest