PENGEMBANGAN KATALOG DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI MUSEUM SEPULUH NOVEMBER
DEVELOPMENT OF DIGITAL CATALOG FOR HISTORICAL LEARNING AT MUSEUM OF THE TEN NOVEMBER
Abstrak
Pengembangan katalog digital ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pentingnya pengembangan katalog digital dalam meningkatkan pemahaman sejarah siswa terkait peristiwa Sepuluh November, (2) keefektifan katalog digital untuk menunjang pembelajaran sejarah di Museum Sepuluh November dan (3) efisiensi pengembangan katalog digital untuk membantu meningkatkan informasi di Museum Sepuluh November. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket validasi ahli media, ahli konten dan angket responden yang terdiri dari siswa, pengunjung umum dan pegawai museum. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif kemudian dianalisis menjadi data kualitatif menggunakan rating scale. Hasil uji validasi oleh dosen ahli media dan ahli konten diperoleh rerata skor 88,7 persen dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap katalog memperoleh skor 92 persen yang berarti katalog penting untuk meningkatkan pemahaman sejarah siswa dan efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran sejarah di museum. Hasil respon pengunjung dan pegawai museum memperoleh skor 95,6 persen yang berarti katalog digital efisien untuk meningkatkan informasi di museum.
Kata Kunci: Katalog Digital, ADDIE Model, Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah, Museum
Abstrack
The development of this digital catalog aims to find out: (1) the importance of digital catalog development in improving students' historical understanding of the Events of The Ten November, (2) the effectiveness of digital catalogs to support historical learning at the Ten November Museum and (3) the efficiency of digital catalog development to help improve information at the Ten November Museum. This research is Research and Development (R and D) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The research data collection instrument uses the validation questionnaire of media experts, content experts and respondents consisting of students, general visitors and museum employees. The type of data taken in the form of quantitative data is then analyzed into qualitative data using a rating scale. The results of validation tests by media expert lecturers and content experts obtained an average score of 88.7percent with a very decent category. Student response results to catalogs score 92 percent which means catalogs are important to improve understanding of student history and are effectively used in supporting historical learning in museums. The response of visitors and museum employees received a score of 95.6 percent which means digital catalogs are efficient to improve information in the museum.
Keywords: Digital Catalog, ADDIE Model, Historical Learning Media Development, Museum