Strategi writing workshop memberikan pengalaman menulis ringkasan yang berbeda bagi siswa dengan melalui aktivitas belajar singkat (minilesson), menulis, dan berbagi (sharing). Siswa diberikan pelatihan untuk menyajikan kembali teks yang berisi penjelasan proses terjadinya sesuatu menjadi bentuk yang lebih singkat. Pembelajaran akan menjadi lebih aktif ketika mengadakan konferensi untuk bertukar pendapat tentang hasil ringkasan bersama teman sebaya. Peran guru selama pembelajaran sebagai fasilitator untuk memberikan umpan balik dan mengarahkan siswa melalui setiap aktivitas yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi writing workshop terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sambikerep Surabaya.
Jenis penelitian adalah quasy experimental dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VB SDN Sambikerep I/479 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA SDN Sambikerep II/480 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil uji T pretest sebesar thitung (0,847) ≤ ttabel (2,00172) menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji T posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar thitung (3,51145)≥ ttabel (2,00172) menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Selanjutnya, hasil uji T pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima karena thitung (5,79279) ≥ttabel (2,00172). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi writing workshop terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sambikerep Surabaya.
Kata kunci : strategi writing workshop, keterampilan menulis ringkasan.
The writing workshop strategy gives summaries writing experience differently for students through minilesson, writing, and sharing activities. Students are given training to restate text that contains an explanation into shorter form. Learning become more active when there are conferences to be held to share opinions about summary results with peers. Teacher’s role during learning as facilitator to provide feedback and inform the way to students through each continuous activities. The study aim is to find out the influence of writing workshop strategy on summary writing skills in fifth grade students of public elementary school of Sambikerep Surabaya.
This type of research is quasy experimental with nonequivalent control group design. The research samples are VB students of SDN Sambikerep I/479 as experimental class and VA students of SDN Sambikerep II/480 as control class. Data collection techniques used tests and observation. Instrument data analysis used validity and reliability tests, while the result of data analysis in this research used normality and hypothesis tests.
T test results of pretest is tcount (0.847) < ttable (2.00172) shows that no significant differences between experiment and control class. Meanwhile, T test results of posttest experiment and control class is tcount (3.51145) > ttable (2.00172) indicates there is significant difference. Furthermore, T test results of pretest-posttest experiment and control class shows that Ha (alternative hypothesis) was accepted because tcount (5.79279) > ttable (2.00172). Based on the results of this research, can be concluded that there is a significant influence in writing workshop strategies on summary writing skills for fifth grade students of public elementary school in Sambikerep Surabaya.
Keywords: writing workshop strategy, summary writing skills.