Penguatan Pemahaman Membaca Siswa pada Teks Eksplanasi melalui Strategi GIST
Empowering Students’ Reading Comprehension on Explanation Text through GIST Strategy
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai siswa dalam memahami teks eksplanasi setelah menggunakan strategi GIST (Generating Interactions between Schemata and Text), menjelaskan implementasi strategi GIST, dan mengungkapkan tanggapan siswa terhadap implementasi GIST untuk pengajaran teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui peningkatan nilai siswa. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan implementasi strategi GIST dan respon siswa. Terdapat 22 siswa kelas XI IPA 1 yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan tes, observasi, dan wawancara untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk mengetahui peningkatan nilai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari implementasi strategi GIST untuk pemahaman membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji T-tes bahwa nilai siswa lebih tinggi dari t-tabel (5.524>2.074). Selain itu, nilai rata-rata sebelum tes (pre-test) yaitu 72.27 meningkat menjadi 89.77 setelah tes (post-test). Penggunaan strategi GIST membuat siswa lebih mudah memahami gagasan utama dari teks eksplanasi. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa strategi GIST memberikan peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa dalam memahami teks eksplanasi.
Kata kunci: Membaca, Pemahaman membaca, Strategi GIST, Teks Eksplanasi
The purposes of this research are to know the improvement of students’ scores in comprehending explanation text after using GIST (Generating Interactions between Schemata and Text) strategy, to explain the implementation of GIST strategy, and to reveal students’ responses towards the implementation of GIST strategy for teaching explanation text. This study used quantitative method to know the improvement of students’ scores. Besides, this study also used qualitative method to explain the implementation of GIST strategy and students’ responses. There were 22 students of XI IPA 1 who participated in this study. The researcher used test, observation, and interview to collect the data. The data were analyzed by using SPSS to know the improvement of students’ scores. The result of this research showed that there was a significant improvement from the implementation of GIST strategy to the students’ reading comprehension. It could be seen from the value of the t-test that the students’ scores were higher than the t-table (5.524>2.074). Additionally, the mean score of pre-test which was 72.27 had improved to 89.77 in post-test. The use of GIST strategy made the students easier to understand the main idea of the explanation text. Therefore, it can be stated that GIST strategy gives significant improvement of students’ reading comprehension in understanding explanation text.
Keywords: Reading, Reading Comprehension, GIST Strategy, Explanation Text