Berdasarkan studi awal dan observasi yang di lakukan peneliti
di SMK SITI AMINAH SURABAYA pada tanggal 20 juli 2017 di peroleh informasi bahwa
terdapat permasalahan yaitu belum tercapainya tujuan pembelajaran pada Mata
Pelajaran Simulasi Digital Materi Komunikasi Dalam Jaringan. Hal ini di ketahui
ada 60% dari 30 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.
Berdasarkan permasalahan yang ada maka media yang
sesuai untuk digunakan adalah media modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengatasi masalah belajar yang di hadapi oleh siswa dalam mata pelajaran simulasi
digital.
Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah
model R&D (research & development ).
Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Siti Aminah Surabaya
dengan jumlah 30 siswa dengan 3 siswa untuk uji perseorangan dan 6 siswa untuk coba
kelompok kecil dan 21 siswa untuk uji coba kelompok besar dengan seluruh siswa kelas
30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrument wawancara dan
angket.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Data yang
diperoleh dari kedua ahli materi, memperoleh presentase nilai sebanyak 8 8,88 %. Data yang diperoleh dari kedua ahli media, memperoleh
presentase nilai sebanyak 90,00 %. D ata yang diperoleh dari ahli RPP mendapat presentase nilai sebanyak 8 5 % . Pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan
uji coba pemakaian bahwa dari semua aspek angket mendapatkan presentase nilai
masing-masing sebanyak 91,66 %, 9 5,13 %, dan 9 8,33 % .
Selanjutnya
untuk mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 =34-1 =33
(Dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t0,05 harga t =
2,032 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar daripada t
tabel 15,08 > 2,032, dengan demikian menunjukkan bahwa media modul ini sangat
efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Simulasi Digital materi Komunikasi
Dalam Jaringan
Kata Kunci : Modul , Komunikasi
Dalam Jaringan , Simulasi
Digital