Peranan Orang Tua Dan Status Ekonomi Terhadap Motivasi Mengikuti Olahraga Berkuda
(Studi Pada Klub Pandesa)
The Role of Parents and Economic Status on Motivation to Participate in Equestrian Sports
(Study at the Pandesa Club)
Abstrak
Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dalam olahraga tidak hanya mendapat kesehatan melainkan sebuah prestasi yang akan didapatkan sesuai dengan proses. Proses yang dilalui bukan hanya proses latihan namun terdapat peranan dari sendiri maupun orang lain. Peranan orang terdekat yang dapat dirasakan yaitu dari peran orangtua. Peran dari orangtua pun juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dengan melakukan perhatian, motivasi, memberikan fasilitas penunjang kegiatan dan lain sebagainya. Peranan orangtua dengan memberikan fasilitas penunjang dapat diukur dengan kemampuan secara financial. Salah satu olahraga yang memiliki penunjang kebutuhan yang membutuhkan banyak biaya yaitu olahraga berkuda.
Untuk mendapatkan bagaimana peranan orangtua dan status ekonomi terhadap motivasi mengikuti olahraga berkuda, maka peneliti melakukan penelitian di club berkuda yang berada di naungan Universitas Negeri Surabaya yaitu Pandesa Riding School. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara mebagikan kuesioner dan melakukan wawancara pada seluruh stakeholder yang ada mulai dari pihak manajemen, pelatih, orangtua murid dan murid yang ada di Pandesa Riding School.
Hasil yang didapatkan yaitu pada peranan orang tua yang memiliki presentase tertinggi yaitu indikator dukungan dengan presentase sebesar 93.34%, yang berarti bahwa dukungan dari orangtua memiliki peranan yang besar terhadap motivasi mengikuti olahraga berkuda. Sedangkan status ekonomi yang memiliki presentase tertinggi yaitu indikator besaran gaji dengan presentase sebesar 72.97%, yang berarti bahwa besaran gaji berperan terhadap motivasi mengikuti olahraga berkuda, mengingat biaya yang dikeluarkan apabila mengikutinya membutuhkan biaya yang cukup banyak.
Kata Kunci: motivasi, peranan orang tua, status ekonomi
Abstract
Exercise is one way to keep the body healthy and fit. In sports, not only getting health but an achievement that will be obtained according to the process. The process that goes through is not only a process of practice but there is a role of oneself and others. The role of the closest person that can be felt is from the role of parents. The role of parents can also be done in various ways by paying attention, motivation, providing supporting facilities for activities and so on. The role of parents by providing supporting facilities can be measured by financial ability. One of the sports that supports needs that require a lot of costs is equestrian sports.
To get how the role of parents and economic status on the motivation to participate in equestrian sports, the researchers conducted a study at an equestrian club located under the auspices of Surabaya State University, namely Pandesa Riding School. The data collection method used was by distributing questionnaires and conducting interviews with all existing stakeholders from management, trainers, parents and students at Pandesa Riding School.
The results obtained are in the role of parents who have the highest percentage, namely the support indicator with a percentage of 93.34%, which means that support from parents has a large role in the motivation to participate in equestrian sports. Meanwhile, the economic status that has the highest percentage is an indicator of the amount of salary with a percentage of 93.34%, which means that the amount of salary plays a role in the motivation to participate in equestrian sport, considering the costs incurred if participating in it requires quite a lot of costs.
Keywords: motivation, role of parents, economic status