ABSTRAK
Kemampuan berbicara merupakan suatu unsur penting terhadap keberhasilan dalam semua bidang kehidupan. Sebagai suatu bentuk penggunaan bahasa, berbicara merupakan kegiatan berbahasa yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berbicara seseorang berusaha untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada orang lain secara lisan. Oleh karena itu, keterampilan berbicara menjadi salah satu komponen penting dalam mempelajari bahasa asing, tetapi masih banyak peserta didik merasa kesulitan terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman. Model pembelajaran Word Square adalah salah satu yang dapat mempermudah peserta didik untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Peserta didik dapat menemukan kata-kata tersembunyi di dalam kotak yang telah disediakan. Dari kata-kata tersebut dapat menjadi ide awal untuk berbicara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Word Square untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Word Square untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Data diperoleh dari hasil lembar observasi dan angket.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan berbicara peserta didik semakin meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Dan model pembelajaran Word Square untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman mendapatkan respon hasil sebesar 94% dari peserta didik, yang masuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci : Model Pembelajaran Word Square, Keterampilan Berbicara.
ABSTRACT
Speaking ability is an important element of success in all areas of life. As a form of language use, speaking is an important language activity in everyday life. By talking someone tries to express their thoughts and feelings to others verbally. Therefore, speaking skills become one of the important components in learning a foreign language, but there are still many students who find it difficult to speak German skills. The Word Square learning model is one that can facilitate students to improve their German speaking skills. Learners can find hidden words in the box provided. From these words can be the initial idea to speak.
The formulation of the problem in this study is how the activities of students in the application of the Word Square learning model for German speaking skills of class X students of SMA 1 Gedangan. The purpose of this study is to describe the activities of students in the application of the Word Square learning model for German speaking skills of class X students of SMA 1 Gedangan. The research method used is qualitative descriptive research. Data obtained from the results of observation sheets and questionnaires.
The results of this study show that students' speaking skills are increasing by using the Word Square learning model. And the Word Square learning model for German speaking skills gets a response rate of 94% of students, who fall into the very good category.
Keywords: Word Square Learning Model, Speaking Skills.