Analisis Literasi Statistis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uncertainty and Data Ditinjau Dari Adversity Quotient
Statistical Literacy Analysis of Students in Solving Uncertainty and Data Questions Seen from the Adversity Quotient
Literasi statistis merupakan kemampuan dalam memahami, menginterpretasi dan
mengomunikasikan data atau informasi statistik dari bentuk tabel, diagram maupun grafik.
Semua kemampuan yang berkaitan dengan data yang terdapat dalam soal-soal PISA konten
uncertainty and data adalah bagian dari literasi statistis. Aspek yang berpengaruh terhadap
literasi statistis yakni Adversity Quotient (AQ), dimana aspek tersebut menentukan perilaku
seseorang apabila menghadapi berbagai permasalahan dan merasa kesulitan dalam proses
mengerjakan soal uncertainty and data. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah mixed method research model Sequental explanatory design. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes soal uncertainty and data, angket adversity
quotient dan pedoman wawancara. Sampel penelitian ini adalah kelas IX D SMP Negeri 1
Jiwan Kabupaten Madiun yang berjumlah 30 siswa. Adapun subjek penelitian terdiri dari 3
siswa yang memiliki adversity quotient climber, camper dan quitter. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adversity quotient terhadap literasi
statistis siswa dalam menyelesaikan soal Uncertainty and Data dijelaskan pada persamaan
regresi 𝑦̂ = 1,017 + 0,508 𝑥. Besarnya pengaruh yaitu 50,3%, sedangkan 49,7% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model regresi ini. Dalam
membaca data siswa climber menyebutkan secara rinci masing-masing dari data yang ada
pada grafik serta membandingkan fluktuasi dari grafik yang disajikan dalam soal. Sedangkan
siswa camper dan quitter hanya memperhatian kenaikan dan penurunan grafik yang disajikan
dalam soal. Dalam memprediksi data, siswa climber, camper dan quitter memperhatikan pola
umum dari fluktuasi data dan menggunakan tren data umum untuk memprediksi
kemungkinan data yang akan datang dan menentukan nilai kenaikan atau penurunan data
berdasarkan nilai rata-ratanya. Dalam menyimpulkan data, siswa climber, camper dan quitter
menggunakan konsep perhitungan matematika sederhana. Dalam membuat evaluasi atau
kritik, siswa climber menggunakan logika serta memberikan pernyatan yang seharusnya.
Selain itu, siswa climber menyertakan perhitungan matematika untuk mendukung jawaban
dari kritik yang disampaikan. Sedangkan siswa camper hanya menggunakan logika serta
memberikan pernyatan yang seharusnya tanpa menyertakan perhitungan matematika.
Adapun kritik siswa quitter yang disampaikan hanya sebatas logika tanpa beralasan, serta
tidak menyertakan perhitungan matematika. Dalam menyajikan data, siswa climber dan
camper dapat memilih penyajian data yang tepat dan menyajikan datanya siswa quitter tidak
dapat memilih penyajian data yang tepat sedangkan siswa quitter tidak dapat membedakan
mana data yang cocok untuk disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
Statistical literacy is the ability to understand, interpret and communicate statistical data or
information in the form of tables, diagrams or graphs. All abilities related to data contained
in the PISA uncertainty and data content questions are part of statistical literacy. The aspect
that influences statistical literacy is the Adversity Quotient (AQ), where this aspect
determines a person's behavior when facing various problems and experiencing difficulties in
the process of working on uncertainty and data questions. The type of research used in this
research is mixed method research model Sequential explanatory design. Data collection in
this research used uncertainty and data test instruments, adversity quotient questionnaires and
interview guides. The sample for this research was class IX D of SMP Negeri 1 Jiwan, Madiun
Regency, totaling 30 students. The research subjects consisted of 3 students who had an
adversity quotient of climber, camper and quitter. The research results show that there is a
significant influence of the adversity quotient on students' statistical literacy in solving
Uncertainty and Data questions explained in the regression equation 𝑦̂ = 1,017 + 0,508 𝑥.
The magnitude of the influence is 50.3%, while the remaining 49.7% is influenced by other
variables not explained in this regression model. In reading the data, the climber student states
in detail each of the data in the graph and compares the fluctuations in the graph presented in
the question. Meanwhile, camper and quitter students only pay attention to the increase and
decrease in the graph presented in the problem. In predicting data, climber, camper and quitter
students pay attention to general patterns of data fluctuations and use general data trends to
predict the possibility of future data and determine the value of increasing or decreasing data
based on the average value. In summarizing the data, climber, camper and quitter students
used simple mathematical calculation concepts. In making evaluations or criticisms, climber
students use logic and provide appropriate statements. In addition, climber students include
mathematical calculations to support the answers to the criticism submitted. Meanwhile,
camper students only use logic and make proper statements without including mathematical
calculations. The criticism that quitter students convey is limited to logic without reason, and
does not include mathematical calculations. In presenting data, climber and camper students
can choose the right data presentation and present the data. Quitter students cannot choose
the right data presentation, while quitter students cannot distinguish which data is suitable to
be presented in the form of tables and diagrams.