TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA KEDAI KOPI AFTERWORK CAFFEINE DI SURABAYA
REVIEW OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS IN THE IMPLEMENTATION OF MARKETING MIX AT AFTERWORK CAFFEINE COFFEE SHOP IN SURABAYA
Dalam membangun sebuah bisnis kedai kopi, pelaku bisnis sering kali menerapkan strategi pemasarannya tanpa memperhatikan nilai-nilai etika bisnis islam. Pada salah satu kedai kopi ternama, salah satu karyawan kedai kopi tersebut menghilangkan menu favorit pelanggan untuk menghindari penumpukan pesanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran marketing mix pada kedai kopi Afterwork Caffeine di Surabaya dengan ditinjau Etika Bisnis Islam. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan (field research), dengan teknik mengumpulkan datanya menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan bahwa implementasi strategi pemasaran marketing mix pada kedai kopi Afterwork Caffeine telah dilakukan dengan memperhatikan ketujuh variabel-variabel bauran pemasaran. Kedai kopi Afterwork Caffeine juga telah menerapkan nilai-nilai etika bisnis islam yang diantaranya ialah tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan.
In build a coffee shop business, business people often apply their marketing strategies without regard to Islamic business ethical values. At a well-known coffee shop, one of the coffee shop employees removes the customer's favorite menu to avoid order buildup. This study aims to determine the implementation of the marketing mix marketing strategy at Afterwork Caffeine coffee shops in Surabaya with the view of Islamic Business Ethics. The method used is descriptive qualitative research method with a field research approach, with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research carried out that the implementation of the marketing mix marketing strategy at the Afterwork Caffeine coffee shop has been carried out by taking into account the seven marketing mix variables. The Afterwork Caffeine coffee shop has also implemented the values of Islamic business ethics which include monotheism, balance, free will, responsibility, and benevolence.