ABSTRAK
PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK TK B MELALUI MUSIK DI TK GOLDENSUN KEC. DRIYOREJO, KAB GRESIK
Nama Mahasiswa : Kartini Yunia
NIM : 15020134036
Prodi/Jurusan : Pendidikan Sendratasik/Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci: Pengembangan Kognitif, Bentuk Musik, Karakteristik Musik, Lagu Anak.
Pendidikan Indonesia memiliki peran penting dalam pengembangannya. Dalam mengembangkan pendidikan, terdapat berbagai kurikulum yang berkembang hingga dunia pendidikan menggunakan kurikulum 2013. pada kurikulum paud juga memiliki 6 pengembangan menurut Permendikbud, salah satunya ialah pengembangan kognitif. Pada dasarnya pengembangan kognitif sering kali guru maupun orang tua tidak sadar akan pentingnya pengembangan tersebut. Pada TK Golden Sun Kec. Driyrejo Kab. Gresik pengembangan kognitif yang ada pada kelas pianika dimana anak dikenalkan dalam membaca notasi angka melalui simbol, mengenal simbol pada jari dalam memainkan pianika, mengenal bahasa lagu, mengenal angka dalam berhitung pada lagu, dan mengenal harga not, selain itu anak akan belajar bertanggung jawab atas permainannya kapan harus memulai memainkannya, dan yang paling terpenting bertanggung jawab atas alat musik yang dimilikinya. Maka pengembangan kognitif tersebut menjadi daya tarik untuk dilaksanakan penelitian. Berangkat dari hal tersebut peneliti memfokuskan pada (1) mendeskripsikan pengembangan kognitif. (2) Mengkaji bentuk musik pengembangan kognitif. (3) Menganalisis macam-macam karakteristik musik. (4) Mendeskripsikan kendala-kendala dari proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang bersifat deskriptif dalam menjelaskan Pengembangan Kognitif pada anak TK B melalui Musik di Kec. Driyorejo Kab.Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan kognitif melalui beberapa langkah-langkah yakni, (1) membangun daya ingat, (2) menyanyikan lagu anak, (3) membangun pemahaman lirik, dan (4) memainkan instrument secara baik dan benar. Terdapat beberapa lagu anak yang dibawakan oleh anak-anak kelas pianika yang berjudul si semut, twinkle-twinkle, five senses, kodok ngorek, I love you, Ibu kita Kartini. Dari beberapa lagu anak tersebut memiliki satu hingga dua bagian yang berada pada tangganada do=C, dengan begitu anak mudah dalam menghafal lagu pendek hingga dua bagian. Selain itu dari beberapa lagu tersebut memiliki karakteristik lirik yang sederhana, terdapat bagian yang diulang-ulang, terdiri dari satu hingga dua bait, memiliki nada yang mudah dijangkau. Terdapat berbagai kendala dalam proses pembelajaran berlangsung, yaitu mulai dari kendala pada anak yang sering merasa bosan, kendala instrument yang tidak terbawa, kendala saat memainkan instrument, dan kendala bagi guru kelas pianika dalam pembelajaran berlangsung
ABSTRACT
COGNITIVE DEVELOPMENT IN TK B CHILDREN THROUGH MUSIC AT TK GOLDENSUN KEC. DRIYOREJO, KAB GRESIK
Student Name : Kartini Yunia
Registration number : 15020134036
Program Study : drama, dance and music education
Faculty : Language and arts
Institution : State university of Surabaya
Advisor : Drs. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Year : 2019
Keywords: Cognitive Development, Form of Music, Characteristics of Music, Children's Songs.
Indonesian education has an important role in its development. In developing education, there are various curricula that have developed until the world of education uses the 2013 curriculum. The Paud curriculum also has 6 developments according to the Minister of Education and Culture, one of which is cognitive development. Basically cognitive development often teachers and parents are not aware of the importance of such development. At the Golden Sun Kindergarten, Kec. Driyrejo Kab. Gresik cognitive development in the pianika class where children are introduced to reading number notations through symbols, recognizing symbols on the fingers in playing pianika, getting to know the language of songs, recognizing numbers in counting on songs, and knowing the price of notes, in addition children will learn to be responsible for the game when to start playing it, and the most important is responsible for the musical instruments it has. Then this cognitive development becomes an attraction for conducting research. Departing from this, the researcher focused on (1) describing cognitive development. (2) Assessing the form of cognitive development music. (3) Analyzing various musical characteristics. (4) Describe the constraints of the learning process. The method used in this study is a qualitative approach, which is a descriptive research procedure in explaining cognitive development in kindergarten children B through music in the Kec. Driyorejo, kab. Gresik.
Data collection is done by observation, interviews, and documentation.
The results of the study obtained that cognitive development through several steps, namely, (1) building memory, (2) singing children's songs, (3) building understanding of lyrics, and (4) playing instruments properly and correctly. There are a number of children's songs performed by pianika class children entitled the ant, twinkle-twinkle, five senses, kodok ngorek, I love you, our mother Kartini. Of the several songs the child has one to two parts that are on the do = C scale, so the child is easy to memorize short songs up to two parts. Besides that some of the songs have simple lyrical characteristics, there are repeated parts, consisting of one to two stanzas, which have an easy-to-reach tone. There are various obstacles in the learning process that take place, namely starting from the constraints on children who often feel bored, the constraints of the instruments that are not carried away, the obstacles when playing instruments, and the obstacles for the piano class teacher in learning takes place.