THE INFLUENCE OF TIKTOK APPLICATION ON STUDENTS’ PERCEPTION IN NARRATIVE TEXT LEARNING FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Salah satu teks fungsional yang paling sulit dipelajari siswa adalah teks naratif. Persepsi memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar. Karena seseorang akan menerima dan mendukung objek yang dirasakan jika memiliki persepsi yang positif (Mahreda, 2017). Menganalisis pengaruh Tiktok terhadap persepsi siswa pada pembelajaran teks naratif merupakan tujuan dari penelitian ini. Desain pre-eksperimental, satu kelompok pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. 35 siswa kelas X di salah satu SMK Negeri di Mojoagung, Jombang, dipilih sebagai sampel penelitian. Pre-posttest dengan empat indikator dibagikan untuk memperoleh data dari responden. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari aplikasi Tiktok terhadap persepsi siswa pada pembelajaran teks narrative, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok dapat meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan minat siswa dalam mempelajari teks naratif. Selain itu, aplikasi Tiktok juga mempengaruhi emosi siswa secara positif, sehingga dapat membantu dalam memahami teks naratif.
Kata kunci: Persepsi, Aplikasi Tiktok, Pembelajaran Narrative Text.
One of the most difficult functional texts for students to learn is narrative text. Perception has an important role in learning success. Because someone will accept and support the perceived object if they have a positive perception (Mahreda, 2017). Analyzing Tiktok's influence on students' perceptions of narrative text learning is the goal of this study. A pre-experimental, one-group pretest-posttest design was used in this study. 35 students from the X grade at one of the public vocational schools in Mojoagung, Jombang, were selected as the study's sample. Pre-posttest with four indicators distributed to obtain data from respondents. The findings in this study showed a significant influence of the Tiktok application on students' perceptions of narrative text learning, with a Significance value of 0,000. In addition, the results of this study also show that the Tiktok application can increase student confidence, motivation, and interest in learning narrative texts. In addition, the Tiktok application also affects students' emotions positively, so it can help with understanding narrative text.
Keywords: Perception, Tiktok Application, Narrative Text Learning.