Media Pembelajaran Interaktif SIDERA UNIK (Sinau Desain Grafis Mudah dan Menarik) Terhadap Pengetahuan dan Respons Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 1 Kemlagi
SIDERA UNIK Interactive Learning Media (Sinau Desain Grafis Mudah Dan Menarik) On Students' Knowledge And Response In Printing Graphic Design Subject At SMK Negeri 1 Kemlagi
Desain Grafis Percetakan adalah mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh peserta didik program keahlian multimedia. Menurut hasill observasi dan wawancara yang telah dilakukan terdapat beberapa masalah atau kendala yang dihadapi oleh peserta didik saat pembelajaran, yaitu : penyampaian masalah-masalah kepada peserta didik hanya melalui penjelasan atau melalui buku cetak dan tutorial di platform media sosial sehingga cenderung abstrak atau kurang konkret, dan peserta didik lebih cepat bosan dalam pembelajaran apabila hanya menggunakan buku cetak yang kebanyakan berisi teks. Oleh karena itu, Media Pembelajaran Interaktif SIDERA UNIK (Sinau Desain Grafis Mudah dan Menarik) bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dan juga meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif SIDERA UNIK dapat meningkatkan efektifitas hasil belajar peserta didik melalui peningkatan nilai pre-test dan post-test sebesar 42,58% pada materi pemberian efek pada gambar vektor, dan sebesar 53,67% pada materi pemberian efek pada gambar bitmap. Hasil respon peserta didik mendapatkan rata-rata respon yang positif dengan nilai rata-rata 88,76%. Media pembelajaran interaktif mempermudah peserta didik dalam memahami materi terlihat dari respon peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif SIDERA UNIK dapat meningkatkan efektifitas hasil belajar peserta didik dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik.
Printing Graphic Design is a mandatory subject that must be mastered by multimedia skills program students. Based on the results of observations and interviews that have been conducted, there are several problems or obstacles faced by students during learning, namely: conveying problems to students only through explanations or through printed books and tutorials on social media platforms so they tend to be abstract in nature. or less concrete, and students get bored more quickly in learning if they only use printed books which mostly contain text. Therefore, SIDERA UNIK Interactive Learning Media (Siau Easy and Attractive Graphic Design) can be a solution to increase students' knowledge and also increase the achievement of learning objectives.
The results of the research show that the SIDERA UNIK interactive learning media can increase the effectiveness of student learning outcomes through increasing pre-test and post-test scores by 42.58% on the material on effects on vector images, and by 53.67% on the material on effects on vector images. bitmap image. The results of student responses received an average positive response with an average value of 88.76%. Interactive learning media makes it easier for students to understand the material as seen from the students' responses. It can be concluded that SIDERA UNIK interactive learning media can increase the effectiveness of student learning outcomes and get a positive response from students.