Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran seni budaya dengan materi poster menggunakan media bahan kertas di SMP Negeri 19 Surabaya. Sesuai Kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar sekolah menengah pertama kelas VIII tertulis “Membuat poster dengan berbagai bahan dan teknik”, oleh karena itu peneliti ingin memperkenalkan berbagai bahan lainnya selain kertas. Peneliti mencoba mengembangkan pembelajaran dengan membuat media alternatif yakni membuat poster dengan menggunakan media bahan kayu,agar siswa mempunyai pengalaman yang berbeda ketika proses kegiatan berlangsung dan memberikan kesempatan peserta didik untuk bereksperimen. Teknik menggambar poster dengan media bahan kayu diharapkan mampu mengedukasi siswa di SMP Negeri 19 Surabaya terutama di Kelas VIII dapat menghasilkan karya seni yang menarik. Penggunaan bahan kayu bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran baru menggambar poster diatas bahan kayu. Berdasarkan hasil observasi dan pengelolaan data selama pelaksanaan penelitian, menggambar poster ini menghasilkan karya yang berbeda dari bahan kertas dengan menggunakan teknik dan proses sesuai dengan bahan yang digunakan, menggambar poster dengan media bahan kayu dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran poster dengan media kayu pada siswa kelas VIII E di SMP Negeri 19 Surabaya dapat memberikan pengalaman proses menggambar poster dengan bahan kayu,menghasilkan karya poster dengan bahan kayu dan kesempatan peserta didik untuk bereksperimen dalam menggambar poster.
Kata kunci: Pembelajaran, Poster, Media Kayu
This research was based on the background of learning art and culture with poster material using media materials in the paper at SMP Negeri 19 Surabaya. According to the 2013 Curriculum with the basic competencies of junior high school class VIII written "Making posters with various materials and techniques", therefore researchers want to introduce various other materials besides paper. The researcher tried to develop learning by making alternative media namely making posters using wood material media, so that students had different experiences when the process of activities took place and gave students the opportunity to experiment. The technique of drawing posters with wood material media is expected to be able to educate students in SMP Negeri 19 Surabaya especially in Class VIII to produce interesting works of art. The use of wood material aims to gain new learning experiences in drawing posters on wood. Based on observations and data management during the implementation of the research, drawing these posters produced different works from paper materials using techniques and processes in accordance with the materials used, drawing posters with wood material media. It can be concluded that the application of poster learning media with wood media to class students VIII E at SMP Negeri 19 Surabaya can provide experience in the process of drawing posters with wood materials, produce poster works with wood materials and the opportunity for students to experiment in drawing posters.
Keywords: Learning, Posters, Wood Media