ABSTRAK
Wacan bocah yang berjudul “Aja Njagakake Endhoge Si Blorok” karya Umi Kuntari merupakan cerita pendek isinya mengenai anak-anak dan merupakan ‘karya pinilih’. Selain itu, ceritanya bisa membuat pembaca tertarik. Hal tersebut merupakan salah satu alasan penelitian resepsi ini diadakan. Selain itu, penelitian mengenai resepsi selama ini hanya sedikit, maka perlu diadakan penelitian seperti itu. Rumusan masalah penelitian ini yaitu mengenai unsur intrinsik, serta mengenai penerimaan dan tanggapan pembaca berdasakan daya intelektual dan emosionale terhadap ANESB. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan dan menganalisis mengenai ngenani unsur intrinsik, menjelaskan dan menganalisi mengenai penerimaan dan tanggapan pembaca berdasarkan daya intelektual serta emosiomalnya terhadap ANESB. Manfaatnya bisa membetikan gambaran dan pengetahuan terhadap pembaca setelah membaca penelitian ini. Teori yang digunakan yaitu teori resepsi, dan pendekatan struktural sebagai pendukungnya. Metode yang digunakan yaitu metode dheskriptif. Teknik yang digunakan mengumpulkan data yaitu wawancara, menyebar kuisinoner, teknik menandai, dan teknik mencatat. Reseptor yaitu pembaca yang memberi nilai dan tanggapan terhadap ANESB. Reseptornya yaitu siswa kelas V SDN Mojokusumo berjumlah 25 siswa. Data yang dihasilkan dari wawancara dan kuisioner dari reseptor, serta hasil analisis unsur intrinsik dari ANESB, dan juga hasil penerimaan dan tanggapan reseptor terhadap ANESB. Data yang sudah dihasilkan, dikelompokan berdasarkan daya dari reseptor, yaitu daya intelektual dan emosionalnya. Hasil dari penelitian ini yaitu semua reseptor bisa menjawab, memhami dan mengerti mengenai apa yang menjadi isi dari wacan bocah tersebut yaitu mengenai unsur intrinsik. Maka, tidak salah apabila wacan bocah ANESB tepar dengan kriteria cerita anak.
Kata Kunci: Resepsi Pembaca, Unsur Intrinsik, Wacan Bocah
ABSTRACT
Children storiesentitled “Aja Njagakake Endhoge Si Blorok” the work of Umi Kuntari is a short story which related to children, and is selected works. On top of that, the story can make the readers get attracted. This is one of the reasons why this research about reception was held. In addition, there has been little research on reception so far, therefore, it is necessary to conduct such research. The formulation of the problem of this research is about the intrinsic element, as well as regarding the acceptance and response of readers based on the intellectual and emotional power toward the ANESB. The purpose of this study is to explain and analyze the intrinsic elements of nature, explain and analyze the acceptance and response of readers based on intellectual power and emotions towards ANESB. Its benefits can provide an image and knowledge to the reader after reading this research. The theory used is a reception theory, and structural approaches as its support. The method used is descriptive method. The techniques used to collect data are interviews, questionnaire spreads, marking techniques, and note taking techniques.Receptors are readers who give value and response to ANESB. The receptors are 25 students in grade V of SDN Mojokusumo. Data generated from interviews and questionnaires from receptors, as well as the results of the analysis of the intrinsic elements of ANESB, as well as the results of receptors receiving and responding to ANESB. The data that has been generated is classified based on the power of the receptors, that are intellectual and emotional power. The results of this study are that all receptors can answer, comprehend and understand what the contents of the children stories are, that is the intrinsic element. Thus, it is not wrong if the ANESB children stories is in line with the children's story criteria.
Keywords: Reader reception, intrinsic element, children stories