Gambar Berseri sebagai Multimodal untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
Serial Pictures as Multimodal Aid to Improve Students' Speaking Skill
Alfiyah Rusdiyana. 2021. Gambar Berseri sebagai Multimodal untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing: (I), Prof. Slamet Setiawan, Ph.D. (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Kata Kunci: multimodal, teks fiksi, gambar berseri, kemampuan berbicara
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gambar berseri sebagai multimodal untuk meningkatkan kemampuan berbicara dari siswa, untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa selama proses penggunaan gambar berseri sebagai multimodal, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan gambar berseri sebagai multimodal untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif. Jumlah informan yang digunakan sebanyak 34 siswa Sekolah Menengah Atas yang menunjukkan kemampuan berbicaranya berdasarkan gambar yang disajikan melalui slide power point. Observasi dilakukan pada sesi pembelajaran pertama dan kedua melalui kelas online dengan aplikasi zoom. Peneliti melakukan wawancara kepada para siswa setelah para siswa selesai menunjukkan kemampuan berbicaranya dalam kelas online dengan menggunakan gambar berseri.
Temuan dari penelitian ini adalah: a) Proses pembelajaran dengan menggunakan gambar berseri yang melibatkan multimodalitas mempengaruhi keterampilan berbicara siswa, b) Ada enam tantangan yang dihadapi siswa dalam menggunakan gambar berseri sebagai alat bantu multimodal, meliputi (1) tantangan mendeskripsikan, (2) tantangan untuk mengidentifikasi, (3) tantangan untuk menghafal, (4) tantangan untuk berkonsentrasi, dan (5) tantangan untuk menggunakan aplikasi online, c) Respon siswa tentang penggunaan gambar berseri sebagai multimodal, sebagian besar positif. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi selama proses penggunaan gambar berseri, yaitu faktor teknologi dan pengawasan yang perlu ditingkatkan. Siswa mampu memahami dan mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan gambar berseri secara aktif dan penuh motivasi.
Alfiyah Rusdiyana. 2021. Serial Pictures as Multimodal Aid to Improve Student’s Speaking Skill. Unpublished thesis, the Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program of State University of Surabaya. First advisor: (I), Prof. Slamet Setiawan, Ph.D. and second advisor (II) Ahmad Munir, Ph.D.
Keywords: multimodal aid, fictional text, serial pictures, speaking skill.
This research aims to describe the use of serial pictures as multimodal aid to improve student's speaking skills, to determine the challenges faced by the students during the use of serial pictures as multimodal aid, and to find out the students' responses to using serial pictures as multimodal aid to improve their speaking skills.
This research is participatory observation; there were 34 senior high school students present their speaking skill when the serial picture had shown through slides. The observation was taken in the first meeting and second meeting through an online classroom by zoom application. The open-ended interview after the second meeting, when student implemented their speaking skill using a serial picture.
The finding of the research are: a) The learning process using Serial Pictures involves the Multimodality affects student's speaking skills, b) There were five challenges that faced by students in using Serial Pictures as Multimodal Aid, includes of (1) challenge to describe, (2) challenge to identify, (3) challenge to memorize, (4) challenge to concentrate, and (5) challenge to use the online application, c) The students' responses regarding the use of serial pictures as multimodal aid were mostly positive. However, there are several obstacles faced during the process of using Serial Pictures, namely the technology and supervision factors that need to be improved. Students are affording to understand and follow the learning process using Serial Pictures actively and full of motivation.