Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMAN Di Kecamatan Pamekasan
The Role Of Guidance And Counselling Teachers In Improving Students’ Critical Thinking Skills Of Senior High School In Pamekasan District
Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat gambaran nyata dari upaya guru BK dalam meningkatkan berpikir kritis siswa SMA Negeri di Kecamatan Pamekasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis pada abad-21 sebagaimana yang terdapat dikompetensi kurikulum saat ini.oleh karena itu peneliti dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di SMA Negeri di Kecamatan Pamekasan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada objek penelitian yaitu koordinator guru BK di setiap sekolah dan melakukan metode analisis deskriptif, yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2014: 21). Dari penelitian ini didapatkan bahwasannya penggambaran upaya peran guru BK dalam meningkatkan berpikir kritis siswa terdapat di layanan perencanaan individual.
In this study, the reseacher wanted to see a real representation of the effort of Guidance and Counseling teachear in improving the critical thinking of students in state high schools in Pamekasan District. This research is motivated by the obligation of students to have critical-thinking skills in the 21st century as contained in the current curriculum competences. Therefore, this study is aimed to provide an explanation of the role of guidence and counseling teachers in improving students’ critical thinking skill in public high schools in Pamekasan District. The method used is descriptive qualitative with data-collection through interviews with the object of research, namely the guidance and counseling teacher coordinator in the each school and performs descriptive analyze data by describing the data that had been collected as they are without any intention to draw conclusions applies to general public or generalizations(Sugiyono,2014:21). From this study, it was found that the description of the effort of guidance and counseling teacher’s role in improving students’ critical-thinking is countained in individual planning services.