Berdasarkan penelitian menjelaskan bahwa perkembangan kognitif juga berasal dari rangsangan yang diberikan oleh musik Musik mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan otak Otak para pemusik menunjukkan adanya perbedaan yang sangat jelas jika dibandingan dengan otak mereka yang bukan pemusik khususnya di daerah yang berkaitan dengan bahsa pendengaran dan hubungan antara otak kanan dan otak kiri Ritme melodi dan juga harmoni dari musik dapat menjadi stimulasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan belajar anak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan musikal dengan kemampuan mata pelajaran matematika siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo
Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain Pre Experimental Designs Nondesign jenis One Shot Case Study Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh Data yang digunakan yaitu hasil tes matematika dan SBdP yang diolah dengan statistik nonparametrik dan uji korelasi ganda Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validias uji reliabilitas uji normalitas dan uji hipotesis
Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan musikal dan kemampuan kognitif dan psikomotor mata pelajaran matematika siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Penolakan hipotesis nol diputuskan berdasarkan nilai signifikansi p sebesar 0 024 p 0 05 dan nilai signifikansi p sebesar 0 019 p 0 05 pada uji korelasi Spearmans rho Hasil uji hipotesis juga mengungkapkan koefisien korelasi kecerdasan musical dan kognitif matematika sebesar 0 418 yang menunjukkan hubungan antara kecerdasan musical dan kemampuan kognitif matematika pada taraf sedang dan sifat hubungannya positif Sedangkan koefisien korelasi kecerdasan musical dan psikomotor matematika sebesar 0 434 yang menunjukkan hubungan antara kecerdasan musical dan kemampuan psikomotor matematika pada taraf sedang dan sifat hubungannya positif Maka dapat dikatakan bahwa kecerdasan musical dengan kemampuan psikomotor matematika mempunyai hubungan yang lebih besar dari pada kecerdasan musical dengan kemampuan kognitif matematika dikarenakan taraf korelasi antara kecerdasan musical dengan kemampuan psikomotor matematika lebih besar yaitu 0 434 0 418
Kata Kunci Kecerdasan Musikal Musik dan Pembelajaran Matematika
Based on research explains that cognitive development also comes from stimuli provided by music Music has a big influence on brain development The musicians brains show very clear differences when compared with their non-musician brains especially in areas related to language hearing and the relationship between the right brain and the left brain Rhythm melody and harmony of music can be stimulation that can be used to improve childrens intelligence and learning abilities This study aims to determine whether there is a relationship between musical intelligence and mathematical ability of fourth grade students in MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo
This type of research is a correlation study with the Pre Experimental Designs Nondesign type of One Shot Case Study The study population was all grade IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo students The research sample was taken using a saturated sample technique The data used are the results of mathematical tests and SBdP which are processed with nonparametric statistics and multiple correlation tests Data collection techniques in this study are test techniques Analysis of the data used in this study is the validity test reliability test normality test and hypothesis test
Based on the results of the hypothesis test and discussion it can be concluded that there is a significant and positive relationship between musical intelligence and cognitive and psychomotor abilities in mathematics subject for grade IV MI Hidayatul Mubtadiin students The rejection of the null hypothesis was decided based on the significance value p of 0 024 p 0 05 and the significance value p of 0 019 p 0 05 in the Spearmans rho correlation test Hypothesis test results also revealed a correlation coefficient of musical intelligence and cognitive mathematics of 0 418 which shows the relationship between musical intelligence and mathematical cognitive abilities at a moderate level and the nature of the positive relationship While the correlation coefficient of musical intelligence and psychomotor mathematics is 0 434 which shows the relationship between musical intelligence and mathematical psychomotor abilities at a moderate level and the nature of the positive relationship So it can be said that musical intelligence with mathematical psychomotor abilities has a greater relationship than musical intelligence with mathematical cognitive abilities because the level of correlation between musical intelligence with mathematical psychomotor abilities is greater 0 434 0418
Keywords Musical Intelligence Music and Learning Mathematics