TYPES OF BARRIERS AND FORMS OF LANGUAGE STRATEGIES OF JAPANESE LANGUAGE EDUCATION PROGRAM STUDENTS AT SURABAYA STATE UNIVERSITY PARTICIPATING IN THE INTERNSHIP PROGRAM FOR THE 2023-2024 PERIOD.
Progam internship yang kian berkembang pada era globalisasi kini berpotensi memiliki peminat yang semakin meningkat. Hal tersebut sesuai dengan rencana Kementerian Ketenagakerjaan pada rapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode tahun 2020-2024. Namun, meningkatnya peminat kurang diimbangi dengan informasi mengenai jenis hambatan berbahasa yang akan terjadi di Jepang. Sehingga, penelitian bertujuan mendeskripsikan jenis hambatan berbahasa Jepang serta bentuk strategi yang dilakukan untuk mengatasi jenis hambatan pada empat aspek berbahasa (四技能: yon ginou ) yang meliputi aspek berbicara (話す技能: hanasu-ginou), menyimak (聞く技能: kiku-ginou), menulis (書く技能: kaku-ginou), dan membaca (読む技能: yomu-ginou) yang dialami oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya angkatan tahun 2020 saat melakukan program internship. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui penyebaran angket 30 responden dan wawancara kepada 8 responden. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data yang didapatkan kemudian disajikan dengan tabel dan dijelaskan dengan kalimat deskriptif serta diambil kesimpulannya. Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa jenis hambatan berbahasa yang paling banyak dihadapi oleh responden adalah jenis hambatan berbahasa dalam aspek menulis (書く技能: kaku-ginou) serta bentuk strategi pencapaian kerja sama menjadi bentuk strategi mengatasi jenis hambatan berbahasa Jepang yang paling sering diterapkan oleh responden ketika menemukan jenis hambatan berbahasa.
Internship programs that are increasingly developing in the era of globalization now have the potential to have an increasing number of enthusiasts. This is in accordance with the Ministry of Manpower's plan at the National Medium-Term Development Plan (RPJMN) meeting for the 2020-2024 period. However, the increasing interest is less balanced with information about the types of language barriers that will occur in Japan. Therefore, this study aims to describe the types of Japanese language barriers and the strategies to overcome the barriers in the four aspects of language (四技能: yon ginou) which include speaking (話す技能: hanasu-ginou), listening (聞く技能: kiku-ginou), writing (書く技能: kaku-ginou), and reading (読む技能: yomu-ginou) experienced by students of the Japanese Language Education Study Program at Surabaya State University class of 2020 during the internship program. This study uses a descriptive qualitative method with data collected through distributing questionnaires to 30 respondents and interviews to 8 respondents. Then the data is analyzed by reducing the data obtained then presented in a table and explained with descriptive sentences and conclusions are drawn. The conclusion of this study found that the type of language barrier most faced by respondents is the type of language barrier in the aspect of writing (書く技能: kaku-ginou) and the form of strategy to achieve cooperation is the most effective form of strategy to overcome the type of Japanese language barrier.