Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Di SMA Negeri 1 Menganti Gresik
Principal`s Strategy in Improving Quality at SMAN 1 Menganti Gresik
Pemimpin sekolah dalam membangun mutu pendidikan dapat diartikan sebagai bentuk upaya ataupun teknik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menggerakkan seluruh komponen sekolah secara bersama-sama untuk mewujudkan sekolah yang bermutu baik serta peran kepala sekolah juga diharapkan dapat menciptakan spirit kerja guru dan akan membangun kultur sekolah dalam proses peningkatan atau pembangunan mutu pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengambil penelitian dengan judul “strategi kepala sekolah dalam membangun mutu di SMAN 1 Menganti Gresik”. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai (1) strategi kepala sekolah dalam membangun mutu di SMA Negeri 1 Menganti (2) faktor pendukung & faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam membangun mutu di SMAN 1 Menganti (3) solusi terhadap hambatan dalam membangun mutu di SMAN 1 Menganti. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik wawancara digunakan sebagai upaya memperoleh informasi secara langsung melalui informan. Sedangkan dokumen digunakan untuk memperkuat jawaban dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap upaya dalam membangun mutu sekolah melalui berbagai program yang ditujukan untuk tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didiknya (2) faktor pendukung yaitu dukungan dari peran kepala sekolah terhadap pembangunan mutu melalui perencanaan program yang telah disusun, Sedangkan dari faktor penghambatnya salah satunya yaitu kondisi pandemi covid-19. (3) solusi yang diterapkan yaitu dengan menjalin kerjasama antara kepala sekolah, guru dan wali murid sebagai upaya dalam membangun disiplin peserta didik, Memperbaiki Manajemen keuangan sekolah dan diadakannya Kegiatan Evaluasi.
Kata kunci : kepala sekolah, strategi kepala sekolah, mutu sekolah, sekolah menengah atas.
School leaders in building quality education can be interpreted as a form of effort or technique carried out by school principals in moving all school components together to create good quality schools and the role of school principals is also expected to create a teacher's work spirit and will build a school culture in the process of improving or developing the quality of education. Therefore, the researcher took the research with the title "the principal's strategy in building quality at SMAN 1 Menganti Gresik". The purpose of this study was to obtain a description of (1) the principal's strategy in building quality in SMA Negeri 1 Menganti (2) supporting factors & factors inhibiting the principal's strategy in building quality at SMAN 1 Menganti (3) solutions to obstacles in building quality at SMAN 1 Replace. This research method is descriptive qualitative. data collection was carried out using observation, interview techniques and document studies. Interview technique is used as an effort to obtain information directly through informants. Meanwhile, documents are used to strengthen the answers from informants. The results of this study indicate that (1) the strategy adopted by the principal towards efforts to build school quality through various programs aimed at educators, education staff and students (2) supporting factors, namely the support of the role of the principal on quality development through planning programs that have been prepared, while one of the inhibiting factors is the COVID-19 pandemic. (3) the solution applied is to establish cooperation between school principals, teachers and guardians of students as an effort to build student discipline, improve school financial management and hold evaluation activities.
Keywords : principal, principal strategy, school quality, high school.