Kekerasan dalam pacaran terus meningkat setiap tahunnya. Tanpa disadari awal dari terjadinya kekerasan dalam pacaran karena munculnya sifat posesif yang terlalu berlebihan. Masih banyak yang belum memahami bahayanya kekerasan dalam pacaran. Film posesif berusaha untuk menyampaikan kritik sosial atas sering terjadinya kekerasan dalam pacaran dan bahaya kekerasan dalam pacaran. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana pemaknaan remaja perempuan terhadap kekerasan dalam pacaran pada film posesif dengan menggunakan metode analisis resepsi. Dari hasil penelitian menunjukkan hampir sebagian besar informan menyetujui pesan dalam film posesif yang menunjukkan bagaimana kekerasan dalam pacaran memberi dampak yang sangat buruk. Terdapat tiga posisi informan yang informan yaitu :1) posisi dominan hegemoni dimana sebanyak tujuh informan menyetujui pesan dalam film posesif , 2) posisi negosiasi dimana sebanyak 2 informan setuju dengan film namun memiliki pendapat lain mengenai film posesif, dan 3) posisi
oposisi dimana satu informan tidak menyetujui pesan yang disampaikan dalam film posesif.
Dating violence continues to increase every year. Without being realize the beginning of the occurrence of violence in courtship because of the emergence of possessiveness that is too excessive. There are still many who do not understand the dangers of dating violence. The possessive film tries to inform social criticism about the dangers of dating violence. This study seeks to find out how adolescent girls accept violence in courtship in possessive films by using reception analysis methods. From the result of this research, most of the informants agreed to the message in possessive films that showed how violence in courtship had a very bad impact. There are three informant positions that are informants, namely: 1) dominant position of hegemony where as many as seven informants agree to messages in possessive films, 2) negotiating positions where two informants agree with the film but have other opinions about possessive films, and 3) opposition positions where the only one informant does not approve the message conveyed in possessive films.