Effectiveness of Social Studies Learning with School Environmental Learning Resources to Improve Students' Creative Thinking Skills at SMPN 1 Sidoarjo
Pelajaran IPS di sekolah memiliki cakupan materi berkaitan dengan permasalahan sosial. Cakupan materi tersebut bersifat kompleks dan maju sehingga memerlukan pembelajaran dari berbagai bidang ilmu sosial. Kebanyakan pembelajaran IPS hanya didasari pada langkah-langkah pembelajaran diajarkan teori / definisi lalu diberikan contoh dan yang terakhir adalah latihan soal. Dengan kondisi demikian maka masih kurangnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa yang dikatakan belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran IPS dengan sumber belajar sekolah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa di SMPN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif quasi experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah lebih efektif daripada menggunakan metode diskusi kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan test pada masing-masing kelas dengan menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah anak anak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, siswa jadi termotivasi dalam menyelesaikan permasalahan / soal secara aktif. Sehingga secara otomatis juga dapat melatih berpikir kreatif siswa dengan menyampaikan semua ide-ide nya.
Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran IPS, Berpikir Kreatif
Social studies lessons at school have a scope of material related to social problems. The scope of the material is complex and advanced so that it requires learning from various fields of social science. Most social studies learning is only based on learning steps taught theory / definition then given examples and the last is practice questions. With these conditions, there is still a lack of students' creative thinking skills that are said to be undeveloped. This study aims to see the effectiveness of social studies learning with school learning resources to improve students' creative thinking skills at SMPN 1 Sidoarjo. The type of research used in this study is quantitative quasi experiment. Data collection techniques used are tests and observations. From the research results obtained that using learning resources school environment is more effective than using class discussion methods. This can be seen from the results of observations and tests in each class by using school environmental learning resources children can improve creative thinking skills, students become motivated in solving problems / problems actively. So that automatically can also train students' creative thinking by conveying all their ideas.
Keywords: Effectiveness, Social Studies Learning, Creative Thinking