DEVELOPMENT OF ALPHABET SHAPE SONG TO IMPROVE THE ABILITY RECOGNIZE LETTER SHAPE IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Mengenal bentuk huruf merupakan dasar dari kegiatan membaca, penting bagi orang tua dan guru untuk memberikan stimulasi pengenalan bentuk huruf pada anak sehingga dapat digunakan sebagai bekal ke dalam jenjang pendidikan berikutnya dan meningkatkan minat literasi membaca pada anak. Sehingga dibutuhkan adanya media untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf, yaitu media lagu alphabet shape. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan produk lagu alphabet shape. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 anak kelompok B di TK SAIM Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan data dianalisis menggunakan rumus Mann Whitney U Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk lagu alphabet shape yang divaliadasi oleh ahli materi mendapatkan hasil 87% dan validasi oleh ahli media mendapatkan hasil 92%, yang berarti gerak dan lagu alphabet shape sangat layak untuk diimplementasikan kepada anak usia 5-6 tahun. Hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar <0,001 sehingga <0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest dimana nilai posttest mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut maka produk lagu alphabet shape efektif untuk menignkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf pada anak usia dini. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dalam pengembangan lagu untuk anak usia dini harus memperhatikan ketukan irama, lirik, dan nada lagu agar mudah bagi anak untuk menghafal lirik dan memahami materi yang ingin disampaikan dalam lagu tersebut.
Kata Kunci: Lagu Alphabet Shape, Bentuk Huruf, Anak Usia Dini
Recognizing letter shapes is the basis of reading activities. It is important for parents and teachers to stimulate children's recognition of letter shapes so that they can be used as preparation for the next level of education and increase children's interest in reading literacy. So there is a need for media to improve the ability to recognize letter shapes, namely alphabet shape song media. This research aims to determine the development, feasibility and effectiveness of alphabet shape song products. This research uses a research and development model with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this research were 30 group B children at SAIM Surabaya Kindergarten. The data collection technique used in this research is an observation technique and the data is analyzed using the Mann Whitney U Test formula.
The results of the research show that the feasibility of the alphabet shape song product which was validated by material experts obtained a result of 87% and validation by media experts obtained a result of 92%, which means that the alphabet shape movements and songs are very suitable to be implemented with children aged 5-6 years. The results of the Mann Whitney U Test show that Asymp. Sig. (2-tailed) is <0.001 so <0.001 <0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that there is a difference between the pretest and posttest scores where the posttest scores have increased significantly. Based on these calculations, the alphabet shape song product is effective in increasing the ability to recognize letter shapes in early childhood. Suggestions for future researchers are that when developing songs for young children, they must pay attention to the rhythm, lyrics and tone of the song so that it is easy for children to memorize the lyrics and understand the material that is conveyed in the song.
Keywords: Alphabet Shape Songs, Letter Shapes, Early Childhood